Tiga Hari Berkemah, Jambore Pramuka se Kecamatan Kelumpang Hulu Resmi Ditutup

KOTABARU, klikkalsel – Setelah tiga hari menggelar kegiatan kepramukaan dan perkemahan, akhirnya jambore Kwartir Ranting, (Kwarting) Kecamatan Kelumpang Hulu tahun 2019, resmi berakhir Minggu (25/8/2019) hari ini.

Perkemahan jambore yang dikuti kalangan pramuka penggalang Gugus Depan se Kelumpang Hulu ditutup secara resmi oleh Camat Kelumpang Hulu, Zainal Abidin.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kelumpang Hulu, Kak Syamsuddin dalam amanatnya menuturkan, berdasarkan UU No 12 tahun 2010, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap anak pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa dan berahlaq mulia.

Selain itu, pramuka juga diharapkan berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI.

Dia menambahkan, disamping memantabkan jiwa pramuka untuk melestarikan lingkungan, gerakan pramuka juga merupakan sistem pendidikan non formal, sebagai pelengkap pendidikan formal.

Selanjutnya, melalui gerakan pramuka sekaligus pula dijadikan sebagai wahana pembentukan watak atau karakter, serta kepribadian nasional anak bangsa.

“Di sini jelas. Kita semua belajar berkomonikasi dengan berbagai kalangan. Bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab serta belajar memimpin anggota yang lain,” pungkas Kak Syamsudin.

Sementara, Zainal Abidin, berharap, ke depan dapat terus dikembangkan karena dinilai sangat bermanfaat bagi para anak pramuka.

“Semoga kegiatan seperti ini dapar terus terlaksana, dan berkembang. Karena kegitan ini bernilai sangat positif bagi generasi anak bangsa,” ujar Zainal, menutup. (duki)

Editor : Farid