Tiga Aspek Kualitas Pendidikan Dimasa Pandemi yang Dijalankan Uniska

BANJARMASIN, klikkalsel.com  – Perubahan disejumlah aspek, termasuk dunia pendidikan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) juga menjadi PR bagi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Albanjari karena harus tetap pertahankan input untuk mendapatkan mahasiswa yang berkualitas.
Wakil Rektor l Uniska DR Jarkawi mengatakan, kualitas adalah tolak ukur lembaga pendidikan, pengamalam Tri Dharma perguruan tinggi bukan alasan untuk menghalangi niat mencerdaskan bangsa meski pandemi.
Karena itu, output kualitas terhadap mahasiswa tentu akan beriringan dengan input akademik kampus itu sendiri.
“Ditengah pandemi ini Uniska tetap mempertahankan input dan tetap mencetak orang yang berkualitas,” kata Jarkawi, Senin (29/6/2020).
Ia juga mengatakan, menjaga kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan segi input mahasiswa seperti proses belajar mengajar, dan sarana prasarana pendidikan sehingga dihasilkan lulusan yang unggul.
Selama pandemi, pembelajaran daring harus didukung adanya teknologi yang memadai, sehingga perkuliahan dan belajar bisa dilakukan dengan baik.
Kualitas pendididikan pada masa pandemi akan terjaga manakala tiga aspek diperhatikan yakni, institusi pendidikan, dosen dan mahasiswa. Regulasi, anggaran, infrastruktur dan pengawasan menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi institusi pendidikan.
“Media komunikasi dan mengoptimalkan penggunakan teknologi dalam proses pembelajaran daring, saat ini alternatif mempertahankan Input dan SDM,” katanya.(azka)
Editor : Amran