Terjadi Genangan, PUPR Banjarmasin Koordinasi Benahi Drainase

Air menggenangi jalan diduga akibat drainase mampet. (foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Pasca hujan lebat yang terjadi di Kota Banjarmasin dan sekitarnya, Rabu (5/12/2018) sore, meninggalkan genangan di sebagian jalan protokol dan pemukiman warga.

Warga menuding hal tersebut terjadi karena saluran drainase yang ada tersumbat oleh sampah sehingga air meluap ke jalan.

“Ditempat kami drainasenya besar, tapi dibagian arah sana (arah jembatan sungai Miai) itu mampet. Akhirnya air ngumpulnya ditempat kami fan meluber,” ujar Dewi, salah satu warga Komplek Sultan Adam Permai.

Saat hal tersebut dikonfirmasi ke Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo, ia mengatakan kejadian kemaren diakibatkan tinggignya curah hujan ditambah dengan pasangnya air sungai.

Sehingga sempat terjadi genangan di jalan-jalan dan pemukiman warga. Namun menurut data yang dimilikinya genangan air sudah mulai turun dan kering.

“Hari ini sudah kita kerahkan pasukan untuk membersihkan saluran yang mampet, agar semakin lancar,” ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Ia pun menjelaskan, sebagian jalan yang tergenang bukanlah di jalan yang menjadi domain pemerintah kota melainkan jalan provinsi dan dan jalan pusat.

Sehingga menurutnya pihaknya agak kesulitan dalam melakukan penanganan.

Namun kedepan pihaknya akan mengirimkan surat dan koordinasi dengan pihak terkait agar mudah dalam penanganan.

“Kan tidak enak kalau kami mengerjakan yang bukan wilayah kami. Tapi kami akan kirim surat untuk koordinasi agar lebih mudah koordinasinya,” jelas Joko.

Ia pun bersama pasukannya akan bekerja keras membenahi jaringan drainase yang menjadi langganan genangan. (david)

Editor : Alfarabi