HSU

Terapkan Prokes, HSU Peringati HKN Ke-56 Secara Sederhana

AMUNTAI, klikkalsel.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, kali ini mengangkat tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, serta sub tema “Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19“.

Dalam kesemapatan itu Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), H. Abdul Wahid HK yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Peringatan HKN Ke-56 Tahun 2020, di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, Kamis, (10/12/2020), membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Menteri Kesehatan RI mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19. Karena sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup, apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, H. Danu Futohena mengatakan, kegiatan HKN Ke-56 ini mampu kita selenggarakan secara sederhana, dengan protokol kesehatan di tengah kondisi yang masih dilanda pandemi.

“HKN Ke-56 kali ini adalah untuk menyatukan tekad menuju Indonesia sehat, merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat dan berjuang mempertahankan bangsa di masa pandemi,” katanya.

Melalui subtema HKN Ke-56, kita mengajak masyarakat agar tidak berputus asa, tidak menyerah dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri.

Di tengah pandemi ini, lanjutnya, segenap komponen Dinas Kesehatan baik struktural maupun fungsional dan jaringannya dari Pusat, Kabupaten, Puskesmas di Kecamatan sampai di pelosok Desa mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik.

“Melalui pelayanan preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif, yang dibungkus dalam upaya kesehatan perorangan dan kesehatan utama kesehatan masyarakat serta kegiatan administrasi lainnya, dalam rangka pengendalian dan pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Di Kabupaten HSU dengan sekuat tenaga, sampai hari ini kita masih berada dalam Zona Orange dengan positif masih bisa terkendali, selanjutnya sistem rujukan profit melalui Dinas Kesehatan atau pengobatan dan pemeriksaan swab melalui sertifikasi air bekerjasama rumah sakit yang pelayanan kesehatan di karantina khusus.

“Alhamdulillah Wa Syukurillah, kita (Kabupaten HSU) meraih prestasi di tingkat Kalimantan Selatan dalam penilaian tenaga kesehatan tingkat Provinsi, yaitu Dokter Ahmad Fauzan, Dokter Gigi Sandy Hidayat, Hamdah, Desi Anwar dan Hadianor,” terangnya.

Selain itu, kita juga berhasil menekan angka kematian Ibu hamil dari tahun 2019 kemarin angka masih 78 kasus dan sampai akhir Oktober tadi tercatat masih 38 kasus, jadi bisa menekan angka 50℅ ditahun 2020.

“Tahun depan, Kabupaten HSU akan tetap menjalin kemitraan dengan BPJS kesehatan yang dinikmati sekitar 96 persen warga masyarakat Kabupaten HSU,” tandasnya.

Pada akhir pelaksanaan upacara peringatan HKN Ke-56 tersebut, Bupati HSU menyerahkan penghargaan kepada para tenaga kesehatan untuk Dokter Umum, Dokter Gigi, Tenaga Keperawatan, Tenaga Kefarmasian, Tenaga Laboraturium Medik, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Tenaga Gizidan Bidan, yang telah berhasil berprestasi di tingkat Kalimantan Selatan dan juga di Kabupaten HSU.

Turut berhadir, Ketua DPRD Kabupaten HSU Almien Ashar Safari, Dandim 1001/Amuntai diwakili Pasi Pers Kapten Inf Ahdi Sahputra, Kepala RSUD Pambalah Batung Amuntai dr. M. Yandi Friyandi serta para Kepala Puskesmas di lingkungan Pemkab HSU.(doni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top