Tenaga Kesehatan HSU Akan Divaksinasi Covid-19 Pertengahan Januari

AMUNTAI, klikkalsel.com – Sebanyak 1.567 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bakal mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 14 Januari 2021.

“Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini pada 14 Januari nanti, kita sudah menyiapkan sasaran vaksinasi untuk Nakes sebanyak 1.567 orang,” terang Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU H. Danu F. Fotohena, Senin (4/1/2021).

Vaksinasi tersebut, ujarnya, akan disalurkan ke Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSUD Pambalah Batung, RS Swasta, Klinik Kesehatan TNI dan Polri maupun Klinik Swasta lainnya.

Sedangkan, sasaran Nakes tersebut terdiri dari Dokter, Perawat, Bidan, Apoteker/Assiten Apoteker, Nutrisionis, Sanitarian, Ahli Tekhnologi Laboraturium Medis (ATLM), Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM), dan seluruh tenaga penunjang kesehatan lainnya, baik ASN maupun non ASN.

“Pihaknya juga sudah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin atau cold box yang sudah terstandar di Instalasi Fasilitas Kesehatan dan Dinkes. Untuk proses distribusi ke Puskesmas, kita sudah standar tatalaksana cold chain vaksin, untuk distribusi dari Dinkes sampai ke Puskesmas paling jauh, sehingga kualitas vaksin tetap terjaga di suhu 2-8 derajat celcius sesuai standar dari WHO,” bebernya.

Sementara itu untuk petugas vaksinator, nanti setiap fasilitas layanan kesehatan ada 4 orang vaksinator, yang dalam waktu dekat akan dilatih untuk pemberian vaksin tersebut.

“Empat orang tenaga vaksinator itu terdiri dari Dokter, Perawat dan Bidan. Beberapa hari ini kita selalu koordinasi melalui zoom meting dengan Kemenkes dan Dinkes Provinsi Kalsel,” imbuhnya.

Disisi lain, menanggapi hal ini saat dilakukan koordinasi tentang rencana program vaksinasi virus Covid-19 di Kabupaten HSU. Kapolres HSU, AKBP Afri Darmawan, dalam hal ini melalui Kasat Intelkam, AKP Cece Sudrajat, menyatakan, bahwa Polres HSU siap menyukseskan program Pemerintah terkait percepatan penanganan Covid-19, mulai dari pengamanan kesiapan pendistribusian vaksin dan lainnya.

“Sehingga vaksin nanti tepat sasaran dan diharapkan masyarakat tidak ada keraguan saat pelaksanaan vaksin tersebut,” tukasnya.

Dari informasi yang dihimpun, untuk Provinsi Kalsel sendiri mendapat kuota vaksinasi sebanyak 54.000 vaksin yang akan diprioritaskan bagi Nakes diseluruh Kabupaten/Kota se Kalsel.

Vaksin sendiri tiba di Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel rencananya pada 4 Januari 2021, kemudian distribusi ke Kabupaten HSU masih menunggu hasil rapat kordinasi selanjutnya.(doni)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan