Ekonomi

Tekun Menjalankan Usaha Krupuk Dimasa Pandemi, Syaiful Belum Merasa Rugi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Meski ditengah pandemi yang telah mewabah dan sebagian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) banyak mengalami kesulitan.

Bahkan tak sedikit, dari usaha-usaha tersebut yang bangkut bahkan banting setir mengelola usaha lain, namun berbeda dengan Syaiful Hidayat pemilik usaha kerupuk yang tetap eksis.

Sayiful warga Jalan Belitung Darat, Gang Abadi RT10 No 38 , Banjarmasin Barat, mengaku tak berpengaruh dengan keadaaan, bahkan para pelanggannya di kawasan Pasar Lama, Kalindo, Pasar HKSN dan Pasar Berangas masih membeli krupuknya.

“Dalam usaha perlu sabar, ketekunan serta keyaninan,” katannya, Jumat 18/8/2020

Diceritakannya, perjalanannya dalam bisnis rumahan tersebut kurang lebih 20 tahun ia geluti. Pemasaran kerupuk yang dijalankannya tentunya tak semulus apa yang dikira. Jatuh bangun dalam mempertahankan usaha tersebut bukan hal yang baru lagi.

“Alhamdulillah kita bisa berjalan dengan baik dan bisa mencukupi keluarga,” katannya.

Tak tanggung-tanggung kini usaha kerupuk yang bercap ‘Tiga Saudara’ omzetnnya cukup menguntungkan, dengan mempekerjakan 8 orang karyawan yang rata-rata didominasi ibu rumah tangga.

“Setiap hari mulai pukul 08,00 hingga sore sekitar pukul 16.00 Wita, menghasilkan ribuan bungkus,” katannya.

Ditannya, ditengah pandemi tersebut apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap usaha? Pria berusia 54 tahun ini mengatakam, dimasa pedemi tak mempengaruhi omzetnya sedikitpun, malahan dimasa seperti ini konsumen lebih senang mengkonsumsi kerupuk.

“Harga tentu bervariasi dimana jenis jenis kerupuk seperti kerupuk semprong, kerupuk tempe, kerupuk tahu, kerupuk terasi, dimana kesemuannya di bungkus dengan plastik,” katannya.

Untuk bahan baku yang masih mentah didatangkan dari daerah Jawa Timur kemudian diproses sendiri dalam pengolahannya.

“Semua dikerjakan secara manual oleh karyawan ,dari menggoreng hingga sampai pada pengemasan,” ucap Bapak tiga anak tersebut.

Dari hasil usaha yang digelutinya Hidayat bisa menyelesaikan dua anaknnya ditingkat Sarjana serta menikmati usaha yang telah digelutinnya.(azka)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top