Organisasi

Tegaskan Peran Keumatan, PDM Muhammadiyah Tabalong Canangkan Lembaga Non Panti

Ketua PDM Muhammadiyah Tabalong, H Hasan Mugeni (berdiri). (foto : istimewa)

TANJUNG, klikkalsel.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tabalong mencanangkan Lembaga Non Panti untuk menegaskan perannya kepada umat di bidang sosial di daerah Kabupaten Tabalong.

“Muhammadiyah bergerak dalam banyak hal di bidnag keumatan. Dengan dicanangkannya Lembaga Non Panti ini nanti akan melengkapi rangkaian sumbangsih Muhammadiyah buat umat,” jelas Ketua PDM Muhammadiyah Tabalong, H Hasan Mugeni, Minggu (15/11/2020) di Gedung Jenderal Soedirman SMP Alam Muhammadiyah Jln PHM Noor, Gunung Batu, Kelurahan Belimbing Raya, Tanjung, Tabalong.

Pencanangan Lembaga Non Panti tersebut menjadi rangkaian dicanangkannya juga sebuah program The Yatim Progressive Yayasan Sayangi Sesama, yang menjadi mitra kolaborasi PDM Muhammadiyah dalam kegiatan Rihlah dan Tadabbur Alam bersama ratusan anak yatim Tabalong dan Balangan di tempat dan waktu bersamaan.

Menurut Hasan, Lembaga Non Panti kedepan dirancang menjadi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) yang tidak saja menjadi tempat pembinaan yatim, fakir dan miskin tapi juga didesain untuk membentuk kader Persyarikatan Muhammadiyah.

“Konsep ini menjadi tujuan bersama di pengurus Muhammadiyah di Tabalong. Bahkan konsep ini telah dimulai dengan diskusi-diskusi, termasuk dengan Ketua Yayasan Sayangi Sesama Tabalong, Elina Effendi Ilas,” ujar Hasan Mugeni.

Sementara Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Tabalong, H A Muluk, mengapresiasi program yang dicanangkan oleh PDM Muhammadiyah tersebut. Pihaknya bahkan mendesak agar segera melengkapi pengurusan administrasinya.

“Kami mengapresiasi atas program yang dicanangkan tersebut. Diketahui di Tabalong sudah ada 10 lembaga non panti. Nah, ini berarti menjadi yang ke 11,” ujar Muluk.

Pihak Dinas Sosial juga mengapresiasi atas giat-giat KS2 Tabalong, termasuk jika nantinya menjadi bagian dari kepengurusan lembaga non panti.

Pencanangan tersebut juga dihadiri oleh Camat Murung Pudak, Rahmatullah Putra Perdana, Pengurus PDM Muhammadiyah, Pengurus KS2, Yayasan Sayangi Sesama, Sahabat Balangan Center dan Semata Tabalong.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top