Banjarmasin

Tanam Pohon Ulin, Ketua PWI: Galakkan Revolusi Hijau Pasca Banjir

Tanam Pohon Ulin, Ketua PWI: Galakkan Revolusi Hijau Pasca Banjir

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dalam rangka mendukung program Revolusi Hijau milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, PWI Provinsi Kalimantan Selatan menanam sejumlah pohon, Sabtu (20/2/2021).

Penanaman pohon tersebut dilakukan di halaman Gedung PWI Kalimantan Selatan yang terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Ada beberapa jenis pohon yang kita tanam, salah satunya adalah jenis Eusideroxylon Zwageri atau Pohon Besi yang ditempat kita lebih dikenal dengan Kayu Ulin,” ujar Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie kepada kepada klikkalsel.com.

 

Menurutnya penanaman pohon ini sebagai tindak lanjut pasca banjir yang sempat terjadi beberapa lalu di Kalimantan Selatan. Ia menduga selain karena tingkat curah hujan tinggi, semakin kurangnya resapan air menjadi pemicu banjir tersebut.

“Pohon membantu siklus air. Melalui akar pohon, air diserap kemudian dialirkan ke daun, menguap lalu dilepaskan ke lapisan atmosfer dan menghindarkan kita dari banjir,” imbuh pria yang pernah aktif dalam mahasiswa pecinta alam ini.

Kegiatan ini rencananya tidak hanya dilakukan di halaman PWI saja, nantinya ia bersama pengurus PWI yang lain juga akan melakukan penanaman pohon di sekeliling Alkah milik PWI yang terletak di kawasan Bati-Bati.

Ia pun berharap banyak pihak dapat menggalakan kembali penanaman pohon di lingkungannya masing-masing sebagai tindakan nyata dan upaya bersama agar Kalimantan Selatan tidak menjadi langganan banjir ke depannya. (David)

Editor: Abadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top