Tak Ingin “Kecolongan” Perhitungan Suara, Relawan 02 Gelar Tenda Inap

Suasana koordinasi relawan 02 bersama Ketua DPC Gerindra Banjarmasin H Muhammad Yamin di bawah tenda area Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, waktu dini hari. (foto : rizqon/klikkalsel).

BANJARMASIN, klikkalsel – Tahapan Pemilu 2019 masih bergulir pada rapat plano rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan. Proses itu pun mendapat pemantauan para saksi dan relawan perserta pemilu.

Salah satunya dari lintas relawan 02 yang nekat menggelar tenda untuk bermalam di area Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, Selasa (23/4/2019) dini hari. Dengan dalih tak ingin kecolongan dalam proses perhitungan suara.

Dari pantauan, mereka memanfaatkan panggung kecil di halaman kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. sebagai wadah berkumpul dan tidur yang di atasnya telah berdiri tenda.

“Awalnya ini karena kondisi bahwa relawan itu tidur diatas kardus. Saya dari relawan ganti presiden berinisiatif mendirikan tenda. Murni tenda ini biayanya dari anggota relawan itu sendiri patungan,” ucap Basuki salah satu relawan yang bertugas selaku koordinator di Kecamatan Banjarmasin Utara.

Ia mengaku pihaknya telah mendapat izin dari pihak PKK dan Kecamatan Banjarmasin Utara, untuk mendirikan tenda tersebut. Sebab, sebelumnya para relawan sempat basah setelah diguyur hujan deras di tengah pengawalan perhitungan surat suara.

“Alasan kami di Kota Banjarmasin ini supaya tidak ada kecurangan, atau namanya suatu penyusup atau perusuhan yang tidak dihendaki oleh kami. Alhamdulillah aman dan kondusif, ” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Banjarmasin H Muhammad Yamin turut meninjau ke tenda relawan. Ia sangat mengapresiasi upaya para saksi dan relawan 02, rela mengawal tahapan pemilu selama 24 jam non stop.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin akrab disapa Yamin ini, juga menghanturkan kepada relawan emak-emak yang ikhlas memberikan kosumsi. Bagi Yamin, hal tersebut adalah salah satu semangat pesta demokrasi para relawan 02.

“Artinya banyak lintas relawan yang ingin mengamankan suara 02 khususnya di Kota Banjarmasin. DPC sendiri juga sangat mengucapkan terimakasih atas partisipasi para relawan datang dengan hati nurani mereka sendiri,” sebutnya.

Sementara itu, tahapan proses rapat plano rekapitulasi pemilu 2019 tingkat kecamatan dijadwalkan sampai batas akhir 4 Mei. Kemudian dilanjutkan, rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota yang diagendakan pada 20 April – 7 Mei. (rizqon)

Editor : Farid