Tahun Ajaran Baru, Uniska Jadi Primadona Calon Mahasiswa

Kampus UNISKA MAAB di Jalan Adhyaksa, Banjarmasin. (foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Pendataran tahap pertama mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary (UNISKA MAAB) telah dibuka. Sejak 1 Maret hingga dengan 22 Juni 2019 panitia pendaftaran telah mengantongi sebanyak 1.600 lebih pendaftar dari berbagai daerah.

Jelas saja, perguruan tinggi swasta terbesar di banua Kalimantan Selatan ini sejak beberapa tahun terakhir, seolah menjadi primadona. Rujukan bagi para generasi muda setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA), untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Rabu (12/6/2019), 10 hari menjelang pendaftaran tahap pertama yang berakhir pada 22 Juni mendatang, terlihat para calon mahasiswa baru silih berganti mendatangi loket pendafatan UNISKA MAAB di Jalan Adhyaksa Banjarmasin. Sebagian dari mereka ada yang baru mendaftar dan konsultasi langsung.

Ada juga yang datang untuk melengkapi berkas pendaftaran setelah mendaftar via online melalui pmb.uniska-bjm.ac.id. Sejumlah pendaftar mengatakan kampus UNISKA MAAB menjadi pilihan pertama mereka, melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi.

“Saya aslinya orang sini juga dari Banjarmasin, lulusan SMA Negeri 5. UNISKA pilihan pertama, rencana mau mengambil FKIP Jurusan Bahasa Inggris. Kemarin mendaftar lewat online, sekarang melengkapi berkas,” tutur Siti Zulaiha.

Selain itu ada juga calon mahasiswa baru asal Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala (Batola) memilih UNISKA MAAB bersama temannya dan belum mendaftar ke kampus lain. “UNISKA kampus pilihan pertama,” kata Adam.

Sementara itu, Ketua Yayasan UNISKA MAAB, H Gusti Irhamni mengarakan tahun ajaran baru 2019/2020 tersedia 4.000 kouta untuk mahasiswa baru. Dijelaskannya, secara tahapan pendaftaran dibagi dua tahap.

“Pendataran tahap pertama kita sediakan 2.000 kouta dan tahap kedua 2.000 juga. Lonjakan pendaftaran diprediksi meningkat drastis pada tahap kedua. Diperkirakan pendaftar akan mencapai 6.000, kemungkinan akan buka gelombang ke tiga. Insha Alloh, sebentar lagi kampus baru kita selesai dibangun Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti itu,” ucapnya.

Gusti Irhamni menjabarkan saat ini UNISKA MAAB memiliki 9 Fakultas dan 4 Pascasarjana, serta 12 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai wadah pengembangan binat dan bakat. Ia bersyukur gaung nama besar UNISKA MAAB terus menggema hingga menjadi kampus swasta primadona.

Atas hal itu, H Gusti Irhamni mengapresiasi atas kerjasama civitas akademik UNISKA MAAB, dan para Alumni yang berkiprah membawa nama harum kampus. Salah satunya, kepada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin juga merupakan Alumni FISIP UNISKA MAAB.

“Alhamdulillah, Uniska menjadi kampus swasta primadona. Mahasiswa dari berbagai daerah di Kalimantan hingga luar pulau menimba ilmu di sini. Semua ini atas hasil kerjasama, juga para alumni salah satunya Gubernur Kalsel Paman Birin,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Amran