Indek Berita

Tahapan Bergulir, Penyelenggaraan Pilkada 2020 Menunggu Dana Hibah “Cair”

BANJARMASIN, klikkalsel – Setelah terbitnya Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020, pertengahan Agustus tadi. KPU di tingkat Provinsi bersama 7 penyelenggara Pilkada Kabupaten/Kota langsung bergerak merapatkan persiapan pelaksanaan.

Tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 akan segera bergulir, dalam waktu dekat. Proses awal tahapan kali ini, yaitu penyiapan anggaran melalui dana hibah daerah.

Meski prosesnya sempat mengalami kendala, KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan kucuran dana penyelenggaraan Pilkada khususnya di Kabupaten Banjar, telah dihendel melalui APBD Perubahan 2019 kabupaten tersebut.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemkab Banjar. Hasilnya Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), untuk penyelenggaraan Pilkada bakan ditandatangani pada Oktober nanti.

“Maka kami KPU Kalsel mempersiapkan seputar pendanaan, DPRD sudah ketuk palu. Anggaran di 7 daerah tentunya sudah ‘clear’ tadi kita sudah menghadap Kabupaten Banjar, memang ada ‘miss’ informasi. Kita sudah menghadap Sekda, artinya anggaran 2019 sudah siapkan melalui APBD Perubahan,” terangnya kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (28/8/2019).

Sementara itu, Sarmuji menambahkan selain penyiapan anggaran juga dilakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara pemilu untuk Pilkada 2020. Rencananya launching tahapan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 23 september 2019 oleh KPU RI. (rizqon)

Editor : Farid

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tahapan Bergulir, Penyelenggaraan Pilkada 2020 Menunggu Dana Hibah “Cair” - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top