Banjarmasin

Tagana Kalsel Kirim Lima Tenaga Medis Bantu Korban Gempa di Lombok

BANJARMASIN, klikkalsel – Membantu korban bencana gempa bumi, lima personel Tagana (Tanggap Bencana) Kalimantan Selatan (Kalsel) diberangkatkan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (7/8/2018).

Kepala Dinas Sosial Kalsel Adi Santoso mengatakan, tim itu merupakan tenaga medis yang terdiri dari tiga tenaga ahli dan dua psikolog.

Menurutnya, para relawan itu siap membantu korban bencana, seperti mendirikan dapur umum dan membangun sanitasi di tempat penampungan.

“Untuk 2 orang psikolog untuk membangkitkan mental korban, pasca trauma terjadinya gempa bumi,” katanya saat ditemui, Selasa (7/8/2018).

Ia menuturkan, tidak ada batasan waktu bertugas bagi para relawan selama bertugas di daerah tersebut.

Selain sebagai bentuk aksi kemanusiaan, dia menuturkan, dikirimnya para relawan ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Kementerian Sosial, yang meminta Tagana di seluruh provinsi agar turut berpartisipasi dalam membantu korban bencana alam.

Seperti diketahui, gempa bumi berkuatan 7 skala ricter pada akhir pekan lalu mengguncang daerah Lombok Utara dan sekitarnya, yang sempat ditetapkan berpotensi tsunami.

Akibat kejadian tersebut sebanyak 91 orang meninggal dunia dan 209 orang lainnya luka – luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan. (baha)

Editor : Farid

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top