Peristiwa & Hukum

Sungai Muang Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam

TANJUNG, klikkalsel.com – Tingginya curah hujan membuat debit air sungai di Desa Muang di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong meluap hingga ke permukiman warga.

Akibat luapan itu, ratusan rumah yang berada di kawasan tersebut terendam air pada, Senin (11/1/2021).

Camat Jaro, Suwandi mengatakan, dampak dari luapan Sungai Muang melanda 127 rumah.

Ratusan rumah yang terdampak berada di RT 01 sebanyak 14 rumah, RT 02 ada 17 rumah, RT 03 ada 50 rumah, RT 04 ada 36 rumah, RT 05 ada 1 rumah dan RT 06 ada 9 rumah.

“Lokasi yang terdampak di Desa Muang sebanyak 127 rumah,” katanya dikonfirmasi via whatsapp.

Menurut Suwandi, dari laporan yang ia terima, Sungai Muang mulai meluap sejak Senin (11/1/2021) subuh, sekitar pukul 03.00 wita.

Saat ini, lanjut Suwandi, dari hasil pantauannya bersama Koramil dan Polsek setempat, air sudah berangsur-angsur surut dan hanya menyisahkan beberapa rumah yang masih terenda.

“Untuk kondisi sekarang Alhamdulillah air sudah mulai surut, yang masih tergenang sisa 8 buah,” ujarnya.

Suwandi menambahkan, selain di Desa Muang, juga dilaporkan banjir terjadi di Desa Namun dan sempat merendam beberapa rumah warga.

“Di Desa Namun Kecamatan Jaro Dari 7 rumah yang terendam sekarang surut sisa tiga rumah,” bebernya.

Suwandi pun menghimbau, meski air sungai sudah beangsur-angsur surut, ia meminta warganya untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir susulan.

“Kami mengimbau warga untuk tetap waspada bencana banjir, mengingat curah hujan hingga saat ini masih tinggi. Khususnya bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai,” pungkasnya. (arif)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top