Banjarmasin

Sumpah Pemuda : Goweser Banua Tempuh 669 KM Kalsel-Kaltim

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sejumlah Komunitas sepeda Roadbike di Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar gowes bareng tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. Rute dari Banjarmasin menuju di Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (28/10/2020).

Ketua komunitas 42 + Wallout Banjarmasin Taqin, yang juga menjadi leader tour Kalsel -Tim mengatakan, gowes Kalsel-Tim yang diikuti sekitar 35 pesepeda lintas komunitas roadbike ini, hanyalah sebagai bentuk pelampiasan dan pelepas rindu terhadap even-even sepeda yang beberapa bulan ini harus ditunda karena pandemi Covid-19.

“Bisa dikatakan gowes Banjarmasin ke Samarinda atau Kalsel Kaltim ini adalah tour pamungkas dari beberapa tour sebelumnya di 2020, terutama saat pandemi Corona ini melanda tanah air. Sekaligus memperingati momen Sumpah Pemuda, dengan semangat kebersamaan,” ucap Taqin Sebelum memulai Gowes kepada klikkalsel.com, Rabu (28/10/2020).

Ia menjelaskan, Gowes Banjarmasin – Samarinda ini, rencananya akan dibagi dalam empat etape. Dimulai pada Rabu (28/10/2020), rombongan akan berangkat dari Banjarmasin menuju Tanjung di Kabupaten Tabalong dengan jarak 220 kilometer.

Kemudian pada etape kedua, Kamis (29/10/2020), para gowes dari Tanjung menuju Tanah Grogot di Kabupaten Paser, Kaltim sejauh 167 kilometer

Di etape ketiga dari Tanah Grogot, perjalanan dilanjutkan menuju Balikpapan sejauh 159 kilometer pada Jumat (30/10/2020).

Kemudian di etape keempat Sabtu (31/10/2020), peserta akan gowes dari Balikpapan menuju Kota Samarinda. Sejauh 123 kilometer.

“Dengan total jarak 669 kilometer dari Banjarmasin ke Samarinda,” ujar Taqin, selaku leader tour Kalsel -Tim ini.

Selain itu, Chandra Taruna Sofyan, pentolan komunitas Patriot juga mengatakan, dengan total jarak gowes sekitar 669 kilometer.

Terdapat sejumlah komunitas sepeda Roadbike. Mereka berasal dari lima komunitas sepeda, yakni Wallout, Patriot, 42+, MAE Club, dan Kalseltri. Serta satu tim dari ISSI Kota Banjarbaru.

“Tak hanya lintas komunitas, mereka juga pesepeda yang berasal dari berbagai kota di Kalsel. Mulai dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Kotabaru.” ungkap pria yang akrab disapa Chandra ini.

Tambahnya Chandra juga mengungkapkan, sebelum menggelar gowes Banjarmasin-Samarinda, para penggila gowes ini sudah melakukan latihan pada September lalu.

Mereka gowes dari Banjarmasin ke Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng). Jaraknya lebih dari 400 kilometer.

“Etape pertama dari Banjarmasin ke Palangkaraya, sekitar 200 kilometer. Jalannya cuma flat. Kemudian dari Palangkaraya ke Sampit sekitar 250 kilometer. Jalannya penuh tanjakan,” ungkapnya.

Kendati demikian, semua etape dilewati dengan riang gembira karena memang perjalanan tersebut dikemas mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan.

Oleh karena itu, menurut Chandra Tour Kalsel Teng tersebut juga sekaligus jadi ajang latihan terjauh sebelumnya untuk tour Kalsel-Tim saat ini.

Tambahnya Mahfuzani Salah satu pegowes dan juga sebagai promotor di kegiatan ini menyampaikan, gowes ini juga sebagai salah satu ajang silaturahmi antar goweser Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu, dan dari berbagai club serta latar belakang profesi yang berbeda.

Selain memperingati sumpah pemuda di momen ini kita jadikan sebagai kesempatan untuk menerapkan nilai nilai kekeluargaan dan saling bantu membantu para pegowes.

“Gowes kali ini didedikasikan sebagai memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92, selain itu semoga dengan kegiatan ini rasa kekeluargaan semakin menyatu,” harapnya pemilik toko kopi Mae ini.

Begitu juga dengan Suro pria berusia 52 tahun asal klub sepeda Patriot Banjarmasin ini mengungkapkan, untuk menghadapi tour ini dia mempersiapan fisik dengan porsi latihan seperti biasanya, cuma lebih intens, mengingat para peserta yang ikut touring ini rata-rata atlet sepeda bahkan atlet triatlon dan para senior.

Namun Suro berharap semua tetap mengedepankan keselamatan,kebersamaan dengan menjalankan protokol kesehatan.

“Yang terpenting terjalin tali silaturahmi antara para goweser dari berbagai daerah guna memperingati hari Sumpah Pemuda,” pungkasnya pegowes senior Patriot tersebut. (airlangga)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top