Banjarmasin

Sosialisasi Kewaspadaan Dini Ajak Masyarakat Berpartisipasi di Pemilu dan Tangkal Berita Hoax

BANJARMASIN, klikkalsel- Menghadapi Pemilu 17 April 2019 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin menggelar sosialisasi kewaspadaan dini daerah, dikantor Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Hadir dalam acara tersebut pembicara dari Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Kodim 1007 dan Polresta Banjarmasin, Kamis (11/4/2019).

Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin H M Kasman berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019. Jadi dengan sosialisasi ini Kesbangpol mengajak masyarakat agar bisa menggunakan hak suaranya.

“Kita mengajak masyarakat agar tidak golput, jadi mereka semua bisa menyampaikan aspirasi dengan memilih calon-calon pilihan mereka masing-masing,” ucap Kasman.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa agar dalam pelaksanaan pemilu nanti peran serta masyarakat sangatlah diperlukan dalam menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Jadi kita laksanakan sosialisasi kewaspadaan dini ini adalah untuk mengajarkan kepada masyarakat agar bisa mencegah sebelum terjadi, jadi mereka diminta untuk bisa menjaga keamanan dalam pelaksanaan pemilu agar damai dan kondusif,” cecar Kasman.

Sementara itu, Wakasat Intel Polresta Banjarmasin, AKP M Agus Junianto menerangkan, konten hoax sangat berbahaya, jangan terlalu mudah dipengaruhi dan jangan juga mudah menyebarkannya lagi tanpa melihat isi kebenarannya. Karena itu melawan Pasal 28 UU ITE ancamannya 6 tahun kurangan penjara.

Walaupun berita hoax marak beredar namun itu mudah untuk diketahui cirinya, seperti
memiliki sumber tidak jelas, biasanya menimbulkan ketakutan, kebencian, mejadikan anak bangsa yang sinis, egois, isi profokatif untuk menggiring opini membaca.

“Ciri berita hoax itu bisa dicegah dan mudah caranya dengan mencek kebenarannya, Verifikasi, apakah bermanfaat untuk orang lain,” katanya.

Menurutnya, kenapa hoax disebarkan di medsos, karena disanalah banyak pengguna yang kekurangan pengetahuan dan ilmu, sehingga cepat terpengaruh dan ikut menyebarkan tanpa mengetahui sumber.

“Melalui acara ini dapat menggiring masyarakat bersikap cerdas dan bijak. Mudahan ini bermanfaat dan bisa menangkal hoax,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Alfarabi

To Top