Siswa SMPN 3 Diajarkan Demokrasi

Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 3 Banjarmasin dilaksanakan layaknya pemilu kepala daerah. (foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, Klikkalsel – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) yang dilaksanakan SMP Negeri 3 Banjarmasin, berlangsung seperti pemilihan umum layakanya mencari pemimpin sebuah daerah.

Ada empat kandidat yang memperebutkan 720 suara dari murid kelas VII-IX SMPN 3 di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin. Tiga calon Ketua Osis yakni Siti Fatimah Azzahra, Afra Dian Prameswari, Namira An Nadwa Arrivianti dan Muhammad Nafis Kautsari, sebelumnya sempat berkampanye untuk mendapat dukungan dari rekannya.

Tiba hari pemilihan, para siswa yang sudah siap memberikan dukungan mencari Ketua Osis yang baru silih berganti memasuki bilik suara untuk mencoblos pilihannya. Walhasil, Siti Fatimah Azzahra terpilih sebagai Ketua OSIS SMP Negeri 3 Banjarmasin untuk periode 2017-2018 setelah memperoleh 283 dukungan suara.

Sementara tiga calon lainnya yakni, Afra Dian Prameswari dengan 173 suara, Namira An Nadwa Arivianti dengan 121 suara, dan Muhammad Nafis Kautsari dengan 89 suara.

Kepala Sekolah SMPN 3 Banjarmasin, Ahmad Suhaidi menjelaskan, pemungutan suara pemilihan ketua OSIS dengan sistem layaknya pemilu itu tak lain merupakan bentuk pembelajaran demokrasi kepada siswanya.

“Dengan menggunakan metode pemilu ini, kita berharap kedepannya anak-anak tak canggung lagi untuk menghadapi pemilu sesungguhnya,” kata Suhaidi, Sabtu (22/10/2017).

Sistem pemilu yang digunakan itu ujarnya, juga mengajarkan kepada seluruh siswa agar bersikap jujur, adil, dan sportif. “Mudah-mudahan, ketua OSIS terpilih mampu melaksanakan dan menjalankan visi misi yang disampaikannya dalam kampanye sebelum pemilihan,” harapnya.(david)

 

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.