Sisihkan Gaji, Aipda Suroso Modifikasi Motor Dinas Untuk Sosialisasikan Kesiapan New Normal

Aipda Suroso, berfoto disamping motor dinas yang sudah dimodifikasinya. (istimewa)
TANJUNG, klikkalsel.com – Aipda Suroso, Bhabinkamtibmas Desa Maburai, Polsek Murung Pudak, Polres Kabupaten Tabalong memiliki cara tersendiri untuk mensosialisasikan kesiapan New Normal atau tatanan kehidupan baru kepada masyarakat.
Ia membuat inovasi dengan memasangkan media audio visual pada sepeda motor dinasnya sabagai sarana penyampaian informasi.
Pria lulusan Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Republik Indonesia di Banjarbaru ini, mengatakan, inovasi yang ia buat lantaran prihatin dengan penyebaran Covid-19 di dunia yang begitu cepat, bahkan sudah sampai di Indonesia dan telah diumumkan oleh Presiden Jokowi pada, 2 Maret 2020 lalu bahwa sudah ada dua orang warga Negara Indonesia yang terpapar.
Baca juga : PDP Balangan Meningkat Drastis
“Saya terpikir bagaimana caranya supaya mudah memberikan informasi dan pemahaman kepada warga binaan saya tentang bahaya dan pencegahan penyebaran Covid-19. Serta upaya Polri mendukung program pemerintah menjalankan New Normal seperti membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan mentaati standar protokol kesehatan sehingga dapat menyelamatkan hidup dan menjaga stabilitas Negara berjalan sebagaimana fungsinya,” tuturnya.
Audio Visual di motor dinas hasil modifikasi pria yang akrab disapa Suroso ini berisikan informasi pengetahuan, motivasi, pemahaman dan tips dalam menghadapi penyebaran Covid-19 serta kesiapan dalam menghadapi era New Normal.
Dan untuk merancang semua itu, ia mendapat arahan, bimbingan dan dukungan dari Kapolsek Murung Pudak Iptu Samsu Suargana.
Untuk proses pembuatan sendiri, Suroso mengungkapkan, menyisihkan sebagian uang gajinya dan dukops bhabin.
Pembelian peralatan audio visual ia beli dengan cara bertahap. Pertama ia membeli satu unit TV LCD 22 inch dan selanjutnya power inverter, ampli audio dan speaker.
“Usai peralatan lengkap barulah dirakit dan saya dibatu salah satu warga binaan saya. Upaya yang saya lakukan ini diketahui oleh istri dan Alhamdulillah istri mendukung saya dalam melaksanakan tugas,” kata pria yang hingga tahun 2016 pernah tergabung di Satuan Brimob Polda Kalsel ini.
Saat ini, Suroso mengaku lebih mudah dalam mobilisasinya menyampaikan informasi sosialisasi New Normal atau tatanan kehidupan baru serta cara pencegahan virus corona ke masyarakat Kabupaten Tabalong umumnya dan khususnya daerah desa binaannya.
“Sehingga informasi New Normal lebih mudah didapat dan dipahami oleh masyarakat,” ujarnya.
Ke depan, Suroso berharap, agar masyarakat mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan New Normal, disiplin mentaati protokol kesehatan seperti jaga jarak, gunakan masker, cek suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun dan jangan berkerumun serta jujur dalam hal riwayat perjalanannya.
“Sehingga kita bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.
Dengan apa yang telah berhasil ia buat, Suroso menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Dr Nico Afinta, Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori dan Kapolsek Murung Pudak Iptu Samsu Suargana yang telah membimbing dan memberikan arahan dalam pelaksanaan tugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Murung Pudak.
“Serta mendukung inovasi dan terobosan kreatif yang saya buat yaitu memodifikasi kendaraan dinas bhabinkamtibmas yang dilengkapi peralatan audio visual sebagai sarana penyampaian informasi new normal kepada mayarakat Tabalong,” tuturnya. (arif)
Editor : Akhmad