Sikapi Keluhan Jumat Curhat, Polsek KPL Banjarmasin Periksa 5 Orang yang Diduga Pelaku Pungli

Diduga pelaku pemungutan liar di Pelabuhan Terisakti saat diperiksa di Polsek KPL Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Polsek Kawasan Pelabuhan dan Laut (KPL) Banjarmasin mengamankan lima orang pria yang diduga suka meminta uang parkir kendaraan travel mobil pribadi (pungutan liar) di terminal kedatangan Pelabuhan Trisakti.

Dijelaskan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito melalui Kapolsek KPL Banjarmasin, Kompol Aryansyah, lima orang pria itu diamankan pada saat anggota sedang melakukan operasi atau giat anti premanisme di wilayah Pelabuhan Trisakti.

“Lima orang itu, berinisial BZ (52), MN (32) warga Jalan Barito Hulu, HN (65), SN (49) warga Intan Sari dan AS (49) warga Jalan Sutoyo. S Kota Banjarmasin,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).

“Mereka diduga adalah pelaku pungutan parkir tanpa izin di beberapa lokasi Wilayah Pelabuhan Trisakti,” sambungnya.

Baca Juga Melalui Jumat Curhat Polsek KPL Terima Aduan Masyarakat

Baca Juga Kedapatan Bawa Sajam, Warga Bulukumba Diamankan Polsek KPL Banjarmasin

Pelaksanaan giat ini merupakan tindak lanjut dari Kegiatan Jumat Curhat dan adanya keluh kesah dari salah satu Sopir travel Pelabuhan yang terkadang masih diminta uang parkir atau naik penumpang di pintu keluar.

Keluh kesah sopir itu, rupaya menjadi perhatian pihak Polsek KPL Banjarmasin dan dinilai telah mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat di Wilayah Pelabuhan.

“Karena itu, kita melakukan operasi atau giat mengenai laporan para sopir travel di pelabuhan,” imbuhnya.

Selanjutnya, kelima pria tersebut dilakukan pendataan oleh Polsek KPL Banjarmasin dan diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak akan dan meminta uang parkir atau uang naik penumpang terhadap mobil travel maupun mobil pribadi.

“Apabila mengulangi atau ada laporan dari masyarakat maka akan kita amankan untuk dipidanakan sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Disamping itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk berani melaporkan para pelaku premanisme yang ada dilingkungan sekitarnya. Khususnya di wilayah Hukum Polsek KPL Banjarmasin.

“Apabila ada masyarakat yang mengalami tindakan kekerasan agar segera melaporkan ke Polsek KPL Banjarmasin. Selama 24 jam kami selalu siap melayani membantu menjaga keamanan agar tetap terciptanya kondusifitas, kamtibmas di Wilayah Pelabuhan Trisakti,” pungkasnya. (airlangga)

Editor: Abadi