HSU

Siapkan 500 VTM, Pemkab HSU Gelar Pekan Swab RT PCR Gratis

AMUNTAI, klikkalsel.com – Mengendalikan penyebaran Covid-19 dalam momen liburan dan pergantian tahun menuju 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar pemeriksaan Swab RT-PCR gratis.

Pemeriksaan dilaksanakan pada 28 hingga 31 Desember 2020, di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten HSU. Dengan mengusung tema Pekan Swab RT-PCR Gratis Untuk Masyarakat Umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diikuti ASN purna tugas, para pelajar, para pekerja swasta, hinga para anak muda.

Dinas Kesehatan dalam kegiatan ini, menyiapkan sekitar 500 VTM (Virus Collection Tube) atau alat untuk menyimpan spesimen hasil tes Swab seseorang sebelum diperiksa di laboratorium dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, H. Danu F. Fotohena, menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan
bagian dari upaya Pemkab HSU dalam penanganan Covid-19, dan tentunya kegiatan ini juga atas arahan dari Satgas Covid-19 Kabupaten HSU.

“Kegiatan ini merupakan arahan dari Bupati HSU selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten HSU dan meminta kami untuk melaksanakannya,” tuturnya, Selasa, (29/12/2020).

Melalui Swab massal ini, disamping menentukan pasien terkonfirmasi atau positif Covid-19, pihaknya juga dapat melacak suspek dan kontak erat dengan pasien positif. Sehingga dapat diambil tindakan lebih lanjut, baik karantina secara mandiri maupun khusus, ditambah dengan dilakukannya treatmen pengobatan untuk pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Untuk ASN diharapkan sebagai pemutus mata rantai penularan Covid-19 pada klaster perkantoran, apabila diketahui positif atau terkonfirmasi, maka akan segera dikarantina dan diberi pengobatan dan kita lacak kontak eratnya di lingkungan kantor tersebut,” bebernya.

Selama dua hari kegiatan sedikitnya 108 orang menjalani tes Swab pada hari pertama, sedangkan kedua tak turang dari 161 orang ikut menjalani tes Swab. Ditambah dengan pemeriksaan yang dilakukan di beberapa Puskesmas sebanyak 19 orang.

“Tinggal Rabu dan Kamis, saya perkirakan sekitar 200 orang juga bakal mendaftar. Supaya swab ini familiar di masyarakat salah satu solusinya ya Swab Massal Gratis,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, Eddy Hadriannoor menambahkan, kegiatan ini merupakan satu kesatuan dari kegiatan lainnya dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, dimana selain kegiatan ini juga ada kegiatan lainnya yang juga jadi parameter keberhasilan penanganan Covid-19.

“Sosialisasi dan edukasi yang telah dilakukan oleh instansi terkait melalui berbagai media baik dari Dinas Kesehatan sendiri ataupun instansi lainnya seperti Dinas Kominfo Kabupaten HSU, dan dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini,” tandasnya. (doni)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top