Siapa Pendamping Haris Makkie Maju di Pilwali, Ananda atau H Iyun?

BANJARMASIN, klikkalsel.com – DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menentukan usungan bakal calon Walikota Banjarmasin di Pilkada Serentak 9 Desember 2020, yaitu H Abdul Haris Makkie.
Haris Makkie yang saat ini menjabat sebagai Sekda Provinsi Kalsel itu telah digadang-gadang sebagai jago Partai Golkar di pemilihan Walikota Banjarmasin mendatang.
Sementara untuk nama bakal calon Wakil Walikota Banjarmasin, Partai Golkar Kalsel juga sudah menyiapkan dua nama, yaitu Hj Ananda dan H Yuni Abdi Nur Sulaiman yang akrab disapa Haji Iyun.
Hal tersebut dibenarkan Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK, bahwa pihaknya menetapkan H Abdul Haris bakal calon Walikota Banjarmasin.
“Dua ini siapa yang dapat partai nanti, dapatnya itu yang memiliki koaliaisi. Misalnya Nanda dapat masih dipertimbangkan, misalnya Iyun dapat masih dipertimbangkan,” ujar Supian kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (12/6/2020).
Arahan mencari koalisi itu lantaran Partai Golkar hanya memiliki 6 kursi di DPRD Kota Banjarmasin, sehingga kekurangan 3 kursi untuk mengusung calon dengan syarat 20 persen jumlah 45 kursi yaitu 9 kursi.
Selain itu, dari segi elektabilitas juga menjadi tolak ukur antara Ananda dan Haji Iyun agar diusung Partai Golkar untuk mendampingi Haris Makkie.
Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel ini, menambahkan arah usungan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin dapat berubah.
Apabila antara Ananda dan Haji Iyun tak mendapatkan koalisi, selain itu dinamika dunia politik juga menjadi pertimbangan.
“Kalau calon walikotanya sudah pak Haris ditetapkan di Golkar, tapi seandainya Golkar tak bisa koalisi dan lain-lain bisa ada lagi perubahan,” imbuh Supian HK.
Sementara itu, dua tokoh muda diketahui adalah kader Partai Golkar. Keduanya saat ini memang sedang menonjolkan diri ke publik untuk lebih dikenal masyarakat Banjarmasin. Baik itu melalui kegiatan sosial dan organisasi yang digeluti.
Hj Ananda saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Banjarmasin.
Di Golkar sendiri, Hj Ananda menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Banjarmasin, saat ini ia aktif mendekati kaum milenial dan ibu-ibu.
Sementara H Yuni Abdi Nur Sulaiman atau akrab disapa Haji Iyun, merupakan putra ke 6 tokoh banua yang juga sebagai panutan di Partai Golkar yakni, almarhum H Abdussamad Sulaiman HB.
Adik owner PS Barito Putera H Hasnuryadi Sulaiman tersebut saat ini aktif sebagai Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat.
Di PS Barito Putera sendiri, Haji Iyun menjabat sebagai Ketua Harian. Selain itu, Ia juga menjabat Wakil Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalsel.(rizqon)
Editor : Amran