Banjarbaru

Siaga Banjir, Pemko Banjarbaru Akan Buat Embung dari Bekas Tambang Seluas 340 Hektar

BANJARBARU, klikkalsel.com – Pemerintah Kota Banjarbaru bersiap menangani banjir dengan membuat embung di areal bekas pertambangan PT Galuh Cempaka yang bergerak di bidang pertambangan intan.

Program pembuatan embung tersebut disampaikan Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, saat melakukan peninjauan langsung di lokasi tambang PT Galuh Cempaka Kelurahan Palm Kecamatan Cempaka Banjarbaru, Kamis (8/4/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Walikota Banjarbaru didampingi Kepala Dinas (PUPR) dan Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juga pihak PT Galuh Cempaka.

Aditya Mufti Ariffin mengatakan, dalam perencanaan pembuatan embung nantinya, akan dibuat di 3 titik dari beberapa bekas tambang untuk dijadikan embung besar, diantaranya Danau Seran, Danau Cermin, Danau Galuh Cempaka.

“Untuk lahan nantinya yang digunakan sebagai pembuatan embung kemungkinan ada sebanyak 340 hektar dari total lahan tambang,” ucapnya.

Mantan anggota DPR RI ini menambahkan dengan didirikannya embung dari PT Galuh Cempaka tersebut nantinya tidak hanya untuk menanggulangi masalah banjir saja, akan tetapi juga akan dibuat untuk perencanaan dengan pariwisata seperti adanya olahraga air.

“Sehingga juga akan menambah bagus kota dan tentunya meningkatkan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

Selainiti sebut Ovi sapaan Aditya Mufti Ariffin, bahwa dalam keseriusan perencanaan pembuatan embung ini tidak hanya sampai peninjauan saja, tetapi pihaknya kini sudah membuat tim perencanaan untuk membuat embung.

Diantara timnya adalah, termasuk unsur dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, dan PT Galuh Cempaka,

“Tim inilah yang nantinya yang membuat 3 embung bekas tanbang PT Galuh Cempaka tersebut,” terangnya.

Disisi lain Kepala Teknik Tambang PT Galuh Cempaka, Amin Sitempuh, mengatakan pihaknya sangat siap membantu dalam perencanaan pembuatan embung yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru.

Saat ini pihaknya hanya menyediakan lahan untuk pembuatan embung saja, karena untuk dana masih harus dibicarakan bersama para petinggi PT Galuh.

“Selain kami masih membicarakan bersama petinggi, kami juga tinggal menunggu dari pemko karena untuk mengerjakan sendiri pihak kami kayaknya tidak akan sanggup,”ujarnya

Ia juga mengatakan untuk biaya dalam perencanaan pembuatan embung tersebut, bahwa dirinya saat ini belum bisa memastikan berapa keseluruhan anggaran yang diperlukan.

“Kita akan berkoordinasi juga masalah terkait anggaran, yang pastinya kemungkinan untuk dana saat ini belum diketahui, apakah dibagi dua atau seperti apa”Ucapnya,

Dalam areal tambang PT Galuh Cempaka di Kota Banjarbaru ada seluas 4,566 hektar yang diantaranya dibagi menjadi 4 area yaitu, area yang sudah ditambang seluas 329 Hektar, lalu Area yang sedang di tambang 7.66 hektar.

Sedangkan luas area yang akan direncanakan untuk penambangan seluas 2607.34 Hektar lalu Area rencana penambangan 1622 Hektar.(putra)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top