Indek Berita

Setiap 10 Malam Menjelang Idul Fitri, Warga Langgar Bintang Rutin Gelar Salat Lailatul Qadar

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sejumlah warga setempat Jalan Mesjid Jami seperti tahun-tahun sebelumnya setiap 10 hari menjelang Idul Fitri mereka berbondong bondong mendatangi Langgar Bintang yang terletak di Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin Utara untuk melaksanakan sholat lailatul qadar.

Muhammad Robby warga sekitar mengatakan kepada klikkalsel.com kegiatan di Langgar Bintang tersebut, sudah rutin dilakukan mulai dari pukul 2.00 Wita hingga subuh setiap 10 hari menjelang Idul Fitri untuk melaksanakan salat lailatul qadar.

“Setiap malam ganjil di sepuluh hari Ramadhan menjelang Idul Fitri yang disebut sebagian umat muslim sebagai malam – malam turunnya lailatul qadar merupakan waktu yang lebih baik dari seribu bulan,” kata pria berkumis tipis ini kepada klikkalsel.com Jumat (7/5/2021).

Ia menuturkan, pada malam itu, Allah SWT menurunkan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad saw. Oleh karenanya, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan salat lailatul qadar.

“Memang tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qadar ini terjadi. Namun yang saya tahu beberapa kali mendengar di majelis dan pengajian ada yang menyebutkan carilah lailatul qadar pada 10 malam terakhir dari bulan Ramadhan,” jelasnya.

Ia mengakui, kegiatan 10 malam terakhir menjelang Idul Fitri di Langgar Bintang yang tidak jauh dari tepian Sungai Martapura sudah di ikutinya sejak umur belasan tahun.

“Mulai umur belasan sudah umpat, mudah mudahan saya dan warga sekitar bisa banyak mendapat berkah dari Allah SWT,” tuturnya.

ia juga mengungkapkan, di 10 malam terakhir Ramadhan atau menjelang Idul Fitri, biasanya warga ramai ke Langgar Bintang pada malam ganjil saja seperti 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

“Nah paling ramai di Langgar Bintang ini malam ke 29 Ramadhan banyak yang tadarus dan sholat dari pukul 2.00 Wita sampai subuh,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top