Indek Berita

Serunya Kuliah Fotografi

BANJARMASIN, klikkalsel – Fotografi memiliki peran yang sangat penting, tak hanya dalam bidang Jurnalistik tetapi telah mencakup diberbagai aspek kehidupan.

Mahasiswa FKIP unlam saat mengikuti kuliah jurnalistik, yang merupakan kerjasama dengan PWI kalsel. (syarif wamen/klikkalsel)

Buktinya, hampir semua instansi baik pemerintahan maupun swasta memakai peran fotografi. Misal, di kepolisian foto dimanfaatkan sebagai bukti otentik, termasuk Humas, Pengadilan dan sebagainya.

Hal tersebut sampaikan Redaktur Foto Harian Kalimantan Post pada perkulihan Jurnalistik mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan IPS Univeritas Lambung Mangkurat, Sabtu (28/10)

“Peran fotografi sudah menjadi kebutuhan umum dan bukan hal yang tabu lagi,” katanya.

Dihadapan 57 orang peseta perkuliahan, Arifin juga mengatakan hal yang paling mendasar namun sangat penting diketahui dalam fotografi adalah komposisi dalam frame sebuah foto.

Komposisi dapat diartikan sebagai cara menata elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna, dan gelap terang.

“Jika kamu bisa membuat komposisi dalam frame sebuah foto niscaya foto akan terlihat baik,” jelasnya.

Dalam kuliah Jurnalistik yang berlangsung di Kampus FKIP Unlam Ruang 18, Arifin tidak hanya memberikan teori-teori fotografi saja namun mahasiswa juga diberikan praktik memotret secara langsung dihalaman kampus. “Fotografi jika hanya teori saja, tanpa ada praktik tentunya percuma,” ucapnya.

Nadia Salah satu mahasiswa senang dan kesempatan bisa belajar ilmu fotografi. Baginya, hal ini merupakan pembelajaran yang berharga, dimana dapat belajar fotografi dan mengetahui teknik dasar pengambilan foto yang baik.
“Setidaknya mengerti dasar memfoto yang benar dan baik dan arti sebuah foto,” katanya. (azka)

Editor : Farid

To Top