Kesehatan

Serapan Vaksin Banjarmasin Masih Rendah, Polsek Banteng Gelar Vaksinasi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Rendahnya serapan vaksinasi Covid-19 terhadap warga Banjarmasin membuat Polda Kalimantan Selatan melalui Polsek Jajaran Polresta Banjarmasin membantu pelaksanaan vaksinasi bagi warga.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto saat memantau jalannya vaksinasi di Halaman Polsek Banjarmasin Tengah, Jumat (23/4/2021) pagi.

Diterangkannya, disemua kabupaten yang ada di Kalsel serapan vaksinasi rata-rata di atas 75 persen, kecuali Banjarmasin yang menurutnya masih cukup lambat serapannya.

“Hanya Banjarmasin yang masih agak lambat. Untuk itu Polri, TNI dan pemerintah daerah bahu membahu untuk bagaimana vaksin itu bisa terserap,” ucapnya didampingi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan.

Ia pun berharap dalam dua pekan ini ribuan vaksin bisa diberikan kepada masyarakat yang telah menunggu untuk di vaksin.

“Memang ada pembagian seperti Lansia, pekerja dan lain-lain. Namun saat ini kita prioritaskan siapa yang mau divaksin, kita vaksin. Sambil kita data berapa dari golongan Lansia dan lainnya,” imbuhnya.

Kapolda pun mengaku pihaknya akan melakukan upaya jemput bola seperti menggelar vaksinasi di masjid-masjid seusai tarawih, termasuk untuk melayani para Lansia.

Diharapkan dengan vaksinasi yang dilakukan tingkat penyebaran covid-19 di Banjarmasin menurun dan tingkat kesembuhannya meningkat.

“Kita imbau kepada masyarakat untuk tidak ragu, takut atau termakan informasi yang salah terhadap vaksin. Sudah banyak yang di vaksin, vaksin Sinovac itu halal dan aman,” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Banjarmasin Tengah, Kompol Irwan Kurniadi yang bertindak sebagai tuan rumah pelaksanaan vaksinasi tersebut mengatakan pihaknya tidak menutup kesempatan bagi semua warga Kecamatan Banjarmasin Tengah yang ingin divaksin, namun sementara ia memprioritaskan para Lansia.

Karena banyaknya warga yang datang ingin divaksin, Kapolsek pun mengaku harus berulang kali mengingatkan warga terkait protokol kesehatan.

“Antusias warga sangat tinggi, kami harus berulang kali mengingatkan warga untuk jaga jarak dan tidak bergerombol,” tuturnya.

Pihaknya pun menarget sebanyak 300 hingga 400 orang dapat divaksin hari ini.(david)

Editor : Amran

To Top