Banjarmasin

Seni Mengolah Aquascape, dari Mengatur Pasir di Bawah Air, Hingga Menata Tanaman

Aquascaper asal Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Hamsa seorang Aquascaper asal Banjarmasin telah membuktikan kalau hobinnya mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya menjadi sebuah seni nan indah dalam suatu aquarium.

Bahkan dalam wadah tersebut juga dipelihara ikan dan semua komponen agar tetap hidup seperti ekosistem yang nyata. Menarik dan menjanjikan, bagai mana tidak, setiap hari ia sibuk mengerjakan orderan atau pesanan orang.

Hobinnya menyusun serta menata tanaman dalam air tersebut memberikan pendapatan yang tidak sedikit, satu Aquascape berkisar antara Rp2 juta hingga ratusan juta, tergantung pesanan.

“Biasannya sebelum memesan konsumen berkomunikas dengan saya dulu jenis, bentuk serta ukurannya harus dibicarakan, atau bisa pula kita buatkan sesuai dengan budget dananya,” katannya saat disambangi klikkalsel.com dikediamannya, di Jalan Sultan Adam Komplek Family Permai, Banjarmasin, Senin (2/11/2020).

Dalam membentuk Aquascape tidak segampang dan semudah yang dilihat atau secara sembarangan. Namun Hamsa sudah melakoni sejak dari 1995 hingga sekarang.

Pengetahuan nggak hanya dari sisi keindahan, aquarium harus bisa menjadi habitat ideal bagi ikan dan terumbu karang di dalamnya tetapi pengetahuan tentang kehidupan di dalam akuarium harus dimiliki.

“Ada dasar yang penting seperti tiga elemen utamanya yakni pupuk, cahaya, dan CO2. Sisanya tergantung imajinasi dan inspirasi dari alam. Biasanya, pelanggan request desain tertentu. Lalu, saya menerapkan dan mengembangkannya,” Ucap Hamsa.

Dikatakannya pula dalam kecintaan memelihara Aquascape sejumlah tanaman lain penggangu juga sering muncul didalam aquarium dan ini perlu kesabaran. Terkadang muncul dengan sendirinya dan merusak pemandangan aquascape.

“Untuk menghilangkan itu, paling gampang kalau habitat udah mature (stabil) dan itu butuh 6-8 bulan. Tapi, biasanya diakali dengan menambahkan ikan dan udang tertentu yang memang pemakan alga,” ucap Hamsa.

Aquascape olahannya juga pernah membanggakan Kota Banjarmasin, sebab ia pernah menjuarai tingkat Nasional urutan kedua, dan pernah pula masuk lima Blbelas besar Internasional pad perlombaan di China.

“Ratusan yang sudah saya buat dan saat ini saya mengerjakan pesanan orang ada sekitar 12 buah, tekuni saja hobimu dan bersungguh sungguh-sungguh tentunya akan memberikan penghidupan bagimu,” ucap Hamsa.(azka)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top