Semprotkan Disinfektan ke Rumah Warga, Upaya Pemko dan Kemandirian Cegah Penyebaran Covid-19

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid 19), Pemko Banjarmasin kembali melakukan penyemprotan disinfektan di seuluruh penjuru kota Banjarmasin.
Upaya terus selalu dilakukan dan di koordinir oleh Kecamatan, Polsek dan Danramil di setiap wilayah di Banjarmasin.
Camat Banjarmasin Tengah, H Diyanoor, menyampaikan bahwa dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Banjarmasin Tengah, dari 12 Kelurahan yang ada, setiap kelurahan memiliki variasi masing-masing untuk melakukan penyemprotan disinfektan.
“Ada kelurahan yang RT-nya sudah 100 persen dilakukan penyemprotan seperti Kelurahan Pasar Lama, bahkan lingkungan pasar juga mereka semprot sudah 3 kali untuk menjaga pasar tetap sehat,” ujarnya.
Sementara untuk kelurahan lain menurut Diyanoor masing-masing dengan swadaya dan bersifat mandiri melakukan hal yang serupa diantaranya Kelurahan Mawar, KBI, Teluk Dalam, Melayu, Kelayan Luar, Gadang, begitu juga dengan Kelurahan Seberang Mesjid.
“Walaupun diakui masih belum semua tetapi diperkirakan rata-rata sekitar 40 persen,” tuturnya.
Melalui upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Banjarmasin, ia berharap wabah ini bisa segera berlalu. Selain itu juga ia mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS).
“Harapan kita akan semakin banyak upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dari masyarakat sehingga gerakan Masyarakat sehat (GERMAS) semakin menjadi kebutuhan,” harapnya.
Melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kelurahan dan kemandirian masyarakat diharapkan akan semakin banyak lagi wilayah Kelurahan yang dilakukan penyemprotan.
Sementara itu, Ketua RT.7 Kelurahan Teluk Dalam, Abdul Hakim menambahkan penyemprotan dilakukan di seluruh penjuru RT.7, antaranya Gang Al-Khair, Gunung Sari 1, Gunung Sari 2, Gunung Sari 3 dan Gunung Sari Raya.
Penyemprotan tersebut disampaikannya guna memberikan kenyamanan bagi warga RT.7, dan agar tidak membuat khawatir warga dengan wabah Covid 19 yang melanda kota Banjarmasin dan Seluruh Indonesia ini.
“Kita semprot rumah yang ada di RT kita, selain menyemprot Disinfektan kita juga melakukan fogging, karena dengan wabah covid 19 kita juga jangan sampai lengah dengan penyakit Demam Berdarah,” ucapnya.(fachrul)
Editor : Amran