Semarak HUT Tabalong ke 54, Tampilkan Beragam Tarian Suku Dayak

Penampilan peserta asal Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke 54, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong menggelar Festival Tari Dayak Pedalaman Kreasi se Kalimantan di Tanjung Expo Center, Sabtu (30/11/2019).

Festival yang menampilkan berbagai tari-tarian khas suku dayak Kalimantan ini diikuti oleh 18 sanggar tari maupun komunitas seni.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong, Masdulhak Andi mengatakan, tema dayak yang diangkat pada festival kali ini dikarenakan selain ingin tampil beda dengan festival-festival tari di daerah lain, ia juga menilai budaya dayak lebih berkembang dan dominan di Tabalong.

“Ini juga melihat dari kondisi daerah tetangga seperti dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah itu yang kebanyakan didominasi oleh tari-tarian dayak,” katanya.

Penampilan peserta asal Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. (foto : arif/klikkalsel)

Menurut Abdi, festival kali ini berbeda dengan festival di tahun-tahun sebelumnya. Selain dari segi fasilitas lomba yang lebih baik, tingkat partisipasi peserta juga lebih antusias.

“Tahun ini pesertanya ada 18 tim dibanding tahun 2018 yang hanya 10 tim,” ucapnya.

Terkait hadiah, Abdi menerangkan, kegiatan ini merupakan festival yang dilombakan, yang mana pemenangnya akan mendapatkan piala bergilir dari Bupati Tabalong.

“Selain itu mereka juga akan mendapat uang pembinaan dan sertifikat,” terangnya.

Abdi juga memberikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang tampil dalam festival kali ini.

Menurutnya, semua peserta telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik sehingga semua.

“Mereka sungguh luar biasa mempersiapkan festival ini dan di panggung yang semegah ini mereka tampil tidak main-main,” pungkasnya. (arif)

Editor : Amran