Sabtu, September 25, 2021

Semarak Festival Malam Salikur di Kota Banjarbaru Digelar Tiap RT, Juri Menilai di Tempat

BANJARBARU, klikkalsel.com – Menyambut malam ke 21 di bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Banjarbaru akan menggelar Festival Tanglong dan Lampion yang akan dilaksankan Minggu (2/5/2021) malam.

Festival Tanglong ini juga menjadi tradisi dalam menyambut malam ke 21 Ramadan atau biasa disebut malam Salikur. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi ke-22 Kota Banjarbaru serta menyemarakkan Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1442 H.

Even Festival Salikur menghias kampung dengan tanglong dan lampion mendapat antusiasme yang tinggi dari warga Kota Banjarbaru walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Hal ini jelas dari banyaknya peserta yang mengikuti Festival tanglong yang ada di tiap kelurahan dan tingkat RT di wilayah Kota Banjarbaru.

“ Festival Salikur menghias kampung dengan tanglong dan lampion malam ini diikuti sebanyak 34 peserta dari tiap kelurahan dan tingkat RT di wilayah Kota Banjarbaru,” ucap kordinator juri Festival Salikur, Akhmad Yani, Minggu (2/5/2021).

Namun Akhmad Yani menambahkan, untuk acara Festival Salikur Banjarbaru 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya yang manasaat perayaan malam tanglong peserta parade berkeliling dengan kendaraan hias menggunakan lampu kertas aneka motif, hingga penyalaan lampion berbagai bentuk.

“Tentu berbeda di tahun terakhir 2014 lalu, karena berkenaan dengan masa pandemi Covid-19, teknis pelaksanaan berbeda dari lomba tanglong dulu, tanglong dan lampion hanya dihias antar RT dan tidak berkeliling, jadi jurilah yang akan berkeliling,” ujarnya.

Dijelaskan Akhmad Yani, Masing-masing RT yang ikut menjadi peserta akan menghidupkan 10 malam terkahir Ramadhan berupa itikaf, serta boleh diisi kegiatan tadarus, shalawat, bagarakan sahur, atau sahur bersama.
Namun, tetap diingatkan patuhi dan terapkan protokol kesehatan.

“Acara Festival Salikur tidak semalam saja, tapi sampai 10 hari terakhir Ramadhan peserta akan dinilai dengan juri yang berkeliling,” jelasnya.

Disampaikanya juga bahwa pembukaan acara Festival Salikur akan dilakukan di Balai Kota Banjarbaru, dengan melepas dewan juri yang akan berkeliling.

“Habis salat terawih akan dibuka Festival dari pa Walikota dengan melepas dewan juri yang akan berkeliling dengan bus parawisata Banjarbaru,” tutupnya.(putra)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan