HSU

Selain Nakes, Pejabat Publik dan Sejumlah Tokoh di HSU juga Akan Divaksin

AMUNTAI, klikkalsel.com – Menjelang pemberian vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi para tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada 14 Januari 2021 mendatang, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten HSU menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan vaksinasi tersebut.

Rakor yang dipimpin Bupati HSU H. Abdul Wahid HK melalui asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesra, H. Supomo, membahas terkait rencana kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi 1.571 Nakes yang rencananya bakal digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan HSU dan fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Terkait hal itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, H. Danu F. Fotohena menyampaikan, selain rencana kegiatan pemberian vaksinasi kepada 1.571 Nakes, juga rencana akan mengundang secara simbolis beberapa pejabat publik dan tokoh untuk mendapatkan vaksinasi serupa di tahap pertama ini.

Disamping telah mempunyai prasarana penyimpanan vaksin Covid-19 yakni di Gudang Instalasi Farmasi Kabupaten HSU, pihaknya juga menyiapkan secara teknis jalannya proses kegiatan vaksinasi kepada para Nakes dan beberapa pejabat publik tersebut.

“1.571 Nakes yang terdata tersebut rencananya akan dibagi dalam 2 tahap vaksinasi. Kita jadwalkan antara Minggu kedua bulan Januari dan berakhir bulan Februari. Setiap tenaga kesehatan yang divaksin akan mendapatkan SMS blast,” ungkap Danu kepada awak media pada rapat yang digelar di ruang rapat Arsip Setda HSU, Kamis (7/1/2021).

Sementara untuk pejabat publik yang bakal mendapatkan vaksinasi antara lain Ketua DPRD, Pejabat TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh organisasi yang nantinya akan diminta datanya terlebih dahulu guna dilakukan screening test.

“Menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri kemarin, ada 10 orang yang harus divaksinasi pada tahap awal diantaranya pejabat publik, organisasi profesi kesehatan, organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan,” imbuhnya.

Terkait tempat pelaksanaan vaksinasi, selain di Dinas Kesehatan pihaknya juga telah menyiapkan 15 fasilitas kesehatan lainnya yakni 13 Puskesmas yang tersebar di HSU, RSUD Pambalah Batung Amuntai dan klinik milik Polres HSU.

“Mudah-mudahan semua tercukupi untuk divaksinasi,” tukasnya.

Turut hadir dalam Rakor ini Wakapolres HSU, Kompol Irwan, perwakilan Dandim 1001/ Amuntai, Ketua DPRD Kabupaten HSU Almien Anshar Safari, Kepala BPBD Kabupaten HSU Sugeng Riyadi, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSU Jumadi, Kepala Diskominfo Kabupaten HSU H. Adi Lesmana serta beberapa perwakilan Forkopimda lainnnya. (doni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top