Banjarmasin

Sekretariat DPRD Kalsel Tes Swab 100 Orang

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalukan tes usap atau swab kepada 100 orang yang terdiri Anggota Dewan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Honorer, Petugas kebersihan, supir, dan wartawan setempat, Senin (10/8/2020). Kegiatan ini dilakukan guna mencegah munculnya klaster perkantoran Covid-19.
Sekretaris DPRD Kalsel, H.A.M. Rozaniansyah, mengapresiasi pelaksanaan tes swab dengan animo yang cukup baik di lingkungan DPRD Kalsel.
“Yang cukup salut tadi ada anggota dewan juga ikut tes swab,”ujarnya.
Baca Juga : Kedapatan Tanpa Masker, Warga Diancam Sanksi Sosial, Sita KTP hingga Denda
Ia menerangkan, awalnya tes swab hari ini direncanakan untuk 300 orang. Namun, terkendala administrasi data, sehingga hanya 100 orang saja yang dapat melakukan tes swab massal tersebut. Lantaran sisanya telah melakukan tes swab secara mandiri.
Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah menambahkan, data calon tes swab harus dikumpulkan pada hari Jumat kemaren. Ia menjelaskan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan kepada pihaknya, hanya terdapat kurang lebih 50 orang calon tes swab.
“Syaratnya itu harus mengumpul fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk hasil tes usap pengambilan sampel lendir di hidung dan tenggorokan akan diketahui paling lambat 2 sampai 3 hari mendatang. Hasilnya akan diserahkan langsung kepada yang bersangkutan.
Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel, M. Iqbal Yudiannoor, mengatakan, pentingnya uji swab untuk mengetahui kondisi kesehatan diri. Mengingat aktivitasnya padat di luar ruangan cukup rawan tertular virus dari kontak dengan orang yang ditemui.
“Ini kan sebagai langkah perlindungan diri dan keluarga juga, semakin cepat tahu hasilnya kan semakin baik juga,” ujar Iqbal seusai menjalani pengambilan spesimen oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kalsel.
Ia pun mengimbau masyarakat tak perlu takut mengikuti tes swab, mengingat 14 Agustus nanti akan digelar secara massal oleh Pemerintah Provinsi Kalsel. Menurutnya uji swab menjadi salah satu upaya melindungi orang-orang di sekitar dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (rizqon)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top