Sejumlah Anak Stunting di Tabalong Mendapatkan Bantuan Sembako

Pj Bupati Tabalong ketika memberikan bantuan sembako kepada sejumlah anak stunting

TANJUNG, Klikkalsel.com – Sejumlah anak stunting mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah Kabupaten Tabalong, Senin (03/06/2024).

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Pj Hamida Munawarah bersama jajaran Forkopimda kepada penerima di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong, H Rusmadi menyampaikan bantuan ini diberikan oleh bapak ibu asuh anak stunting yang terdiri dari para pejabat, pengusaha dan dermawan.

Menurutnya, bantuan yang diberikan sesuai arahan tim gizi kabupaten Tabalong yang mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan mineral.

Rusmadi menyebutkan bantuan kali ini diserahkan kepada 10 anak stunting di wilayah Tengah.

“Hari ini kita bantu secara simbolis kepada 10 orang anak stunting yang mana kita pilih daripada stunting yang parah, dari tiga kecamatan di wilayah tengah Tanjung, Tanta dan Murung Pudak,” sebutnya.

Ia pun mengatakan untuk selebihnya akan diserahkan desa dan kelurahan masing-masing.

“Untuk lainnya diberikan secara stimulan oleh desa dan kelurahan masing-masing, kita lakukan lewat program bapak ibu asuh anak stunting,” katanya.

Ia menerangkan saat ini tercatat ada 160 anak stunting dengan kategori menghawatirkan untuk segera ditangani.

“Ada 160 orang yang sangat kronis yang perlu kita atasi bersama, kita harapkan nantinya seluruh desa dan kelurahan itu bekerja bersama untuk mengatasi stunting di wilayahnya masing-masing,” terang Rusmadi.

Baca Juga Bantuan Ternak Kambing dan Sapi di Desa Uwie Berhasil Ciptakan Sentral Ternak di Wilayah Utara Tabalong

Baca Juga Dishub Tabalong Optimis Raih Penghargaan WTN Kategori Kencana

Rusmadi mengatakan bantuan seperti akan di rutinkan untuk menekan angka stunting di Tabalong.

“Program ini kita harapkan setiap bulan selama enam bulan, yang mana setiap enam bulan kita evaluasi apakah memang betul-betul berubah dan terhindar stunting,” katanya.

Ia menyampaikan tiap tahunnya angka stunting di kabupaten Tabalong terus mengalami penurunan.

“Tiap tahun kita terus menurun. Kita berharap tahun 2024 ini sesuai target Nasional 14 persen, sekarang berada di 18,1 persen. Kita berharap dengan program ini stunting di Kabupaten Tabalong terus menurun” ucapnya. (dilah/adv)