Sehari Pramuka Berbakti, Tanamkan Sikap Cinta Lingkungan Sejak Dini

Anggota Pramuka di Tabalong melakukan aksi bersih sampah disekitaran Pendopo Tanjung dalam rangka memperingati HB IX Day yang jatuh setiap tanggal 12 April.(foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel- Aksi sehari Pramuka berbakti di nilai mampu menanamkan sikap cinta lingkungan sejak dini terhadap peserta didik.

Hal itu diungkapkan Erwan Mardani, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong saat menghadiri peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Hamengke Buwono IX atau HB IX Day di Pendopo Tanjung, Jumat (12/4/2019).

“Kita ingin mengangkat bahwa pramuka ini peduli, peduli ada bencana, peduli aksi kebersihan, apalagi Tabalong ini mendapat predikat sebagai kota Adipura tentu kita memberikan suatu motivasi kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia juga mengatakan selain melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan sekitar, anggota pramuka juga melakukan aksi sosial penggalangan dana di persimpangan lampu merah guna membantu korban musibah kebakaran di Desa Usih, Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong.

“Jadi hari ini kegiatan kita adalah mengatulisasikan Gerakan Pramuka,” ucapnya.

Sementara itu Aulia Rahman Ketua Panitia Kegiatan mengungkapkan kegiatan diikuti oleh perwakilan seluruh anggota Pramuka seKabupaten Tabalong dari tingkat sianga, penggalang dan penengak.

“Untuk peserta kurang lebih 500 orang anggota pramuka di lingkungan Kwarcab Tabalong,” terangnya.

Ia menambahkan pelaksanaan kegiatan kali ini mengacu pada surat edaran Kwartis Nasional Gerakan Pramuka yang menginstruksikan kepada seluruh anggota seIndonesia diharapkan dapat melaksanakan kegiatan Aksi Sehari Pramuka Peduli.

“Itu merupakan acuan resmi dari pusat yang menetapkan bahwa setiap tanggal 12 April diperingati sebagai hari Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwuono IX” terangnya.(arif)

Editor : Alfarabi