Sedekah Bumi, Bentuk Rasa Syukur Hasil Panen Melimpah

Penampilan salah peserta kirab hasil bumi Dusun Tohie, Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel- Memperingati hari jadi Dusun Tohie, Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya ke 34, masyarakat setempat menggelar Sedekah Bumi sebagai tanda sukur atas berkah hasil panen yang melimpah, Senin (5/8/2019).

Acara itu juga turut dimeriahkan dengan kirab mengelilingi dusun sambil membawa bermacam macam bentuk gunungan buah dan sayuran yang dibawa dengan mobil pick maupun gerobak yang hias dengan sedemikian rupa.

Pantauan klikkalsel, beberapa warga yang hadir tampak terlihat berdandan dengan rapi dengan menggunakan pakaian adat Jawa Tengah dan anak – anaknya memakai topi dari daun-daunan, dan ada juga yang mamakai baju koko atau gamis.

“Ini tradisi kami turun temurun, sebagai bentuk ucapan syukur atas nikmat Allah terhadap hasil panen,” kata Ketua Pelaksana Sedekah Bumi Dusun Tohie, Adi Prayetno.

Menurutnya, gelaran ini sudah menjadi tradisi bahkan menjadi rutinitas warga Dusun Tohe. Semuanya terlaksana atas partisipasi seluruh masyarakat, baik dari segi pendanaan, tenaga dan pikiran.

“Kami melaksanakan Sedekah Bumi ini dari tahun 1984 dan sampai sekarang kegiatan itu masih kami lestarikan agar tidak tertelan jaman,” ujarnya.

Selanjutnya melalui acara ini, warga juga diminta mengingat kembali untuk selalu mengucap syukur dan memaknai kerukunan yang selama ini dirasakan.

“Kami bersyukur atas nikmat Allah, kami berharap semoga warga kami selalu makmur dan rukun,” imbuhnya.(arif)

Editor : Amran