Banjarmasin

Sebagian Wilayah Bantim Terendam, Ketinggian Air Hingga Lutut Orang Dewasa

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Setelah diguyur hujan deras beberapa jam pada siang hari, sebagian wilayah di Kota Banjarmasin mengalami banjir. Antaranya di kawasan Kelurahan Banua Anyar, Sungai Bilu dan Pengambangan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Dari pantauan klikkalsel.com di beberapa lokasi yang memang terletak di sepanjang aliran Sungai Martapura tersebut ketinggian air cukup bervariatif, dari setinggi mata kaki hingga sebagian ada yang mencapai di atas lutut orang dewasa.

Kondisi tersebut diperparah dengan hujan deras yang kembali mengguyur kota Banjarmasin pada malam hari.

Mau tak mau hal tersebut memaksa sebagian warga harus berbondong-bondong menyelamatkan perabot mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Bahkan beberapa diantaranya harus mengungsi ke rumah kerabatnya atau ke tempat penampungan yang disediakan agar dapat tidur tanpa kebasahan.

Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin ditemui saat memantau kondisi warga mengaku, pihaknya telah menyediakan dua tempat penampungan bagi warga Banua Anyar agar bisa beristirahat malam ini.

” Ada dua tempat yang kita sediakan, salah satunya bekas Kantor Kelurahan Banua Anyar. Di sana sudah ada beberapa kepala keluarga yang sementara mengungsi,” ujarnya, Rabu (14/1/2021) malam.

Meski menurut dugaannya, naiknya debit air ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi, ditambah pasang naik air sungai dan kiriman air dari hulu, ia mengakui tingginya air berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Menurut warga kalau dulu memang sering calap juga, tapi tidak sampai setinggi ini. Bahkan ada warga yang mengaku jika sebelumnya rumahnya tak pernah kemasukan air. Kali ini rumahnya turut terendam,” imbuhnya.

Ia berharap kondisi air cepat turun, karena memang ujarnya banjir di Kota Banjarmasin hanya terjadi pada malam hari, yaitu saat air pasang.

Meski demikian ia tetap mengingatkan warga untuk waspada karena diperkirakan malam ini bukan lah puncak dari air pasang.

“Mungkin air akan kembali naik pada esok malam. Saya imbau agar warga waspada, khususnya terhadap binatang air yang berbisa dan memperhatikan perabot yang menggunakan listrik,” imbaunya.

Camat pun mengatakan, ia akan melaporkan kondisi ini ke Pemerintah Kota Banjarmasin agar dapat dikoordinasikan dan ditindaklanjuti di tingkat atas.

Sementara itu, Kapolsek Banjarmasin Timur, Kompol Susilo yang turut meninjau lokasi mengatakan, ia mendapat instruksi dari Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan agar memantau wilayah-wilayah yang terdampak banjir akibat air pasang ini.

“Kami diinstruksikan oleh pimpinan untuk memantau langsung daerah-daerah yang terdampak,” ujarnya.

Selain itu, Kapolsek pun mengungkapkan telah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk menyebar dan memetakan wilayah yang terdampak.

Ia pun telah meminta Bhabinkamtibmas untuk berkoordinasi dengan ketua RT dan keamanan lingkungan di wilayah binaannya masing-masing untuk menjaga rumah yang ditinggal penghuninya untuk mengungsi sementara.

“Saya dapat laporan ada beberapa warga yang mengungsi sementara. Untuk itu saya minta Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan Ketua RT setempat guna mengamankan rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya sementara agar terhindar dari aksi kriminal,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia pun turut menginstruksikan agar jajarannya siaga jika ada warga yang membutuhkan pertolongan. (David)

Editor: Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top