Satu Penumpang Tewas Dari Peristiwa Kapal Terbakar

Komadan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto saat memberi arahan dan menyambt evakuasi penumpang KM Setya Kencana.(foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Satu penumpang tewas dari peristiwa terbakarnya KM Satya Kencana IX di Laut Jawa pada titik koordinat 54 Mil Barat Daya, Tanjung Selatan, Sabtu (4/8/2018).

Komadan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto menerima informasi dari tim evalusi, ada satu korban jiwa berusia 50 tahun dari perisriwa KM Satya Kencana IX yang terbakar di perairan Tanjung Selatan sekitar laut Jawa, Sabtu (4/7/2018) 09.30 Wita.

“Informaisnya demikian, masih didalami untuk Penyebabnya,” ujar Wijayanto, di Pelabuhan kepada awak media.

Jalur evaluaski korban penumpang, berdasarkan data terbaru di Kapal KM Satya Kencana IX terbakar tersebut, berjumlah 225 jiwa.

“Jadi timnya kita, rencananya ini akan kita arahakan di terminal (pelabuhan)  cek periksa kesejatan dulu. Kemudian apabila berlanjut ke Rumah Sakit TPT, Rumah Sakit Ulin Banjarmasin, dan Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin,” ucap Perwira TNI Angkatan Laut.

Menurutnya lagi, tim akan diarahkan dan berkoordinasi dengan tim gabungan untuk mengevakuasi korban selamat dibagi beberapa titik.

“Rencana KM NIKI SEA (Basarnas) akan tiba di Pelabuhan Tri Sakti pada pukul  18.00 wita, untuk membawa 141 orang. Yang selamat 111, ada korban meninggal menurut informasi 1 orang usia 50 tahun, untul ABK nya berjumlah 29 orang,” sebutnya.

Sementara, Kapal evakuasi lainnya diarahkan ke KM Kumala yang membawa penumpang lainnya.

“Untuk Kapal KM Kumala, estimasi tiba di Pelabuhan Tri Sakti pukul 20.00 dengan membawa 84 orang. Penumpang selamat 66 orang dan ABK 18 orang,” pungkasnya.(rizqon)

Editor : Amran