Satpol PP Tabalong Pasang Baliho Larangan Berjualan di Jalan Penghulu Rasyid

Satpol-PP Tabalong ketika lakukan pemasangan baliho larangan berjualan di Jalan Penghulu Rasyid

TANJUNG, Klikkalsel.com – Sejumlah baliho larangan berjualan di pasang petugas Satuan Polisi Pomong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Tabalong di kawasan olahraga di jalan Penghulu Rasyid Kelurahan Tanjung.

Baliho ini dipasang agar para pedagang kaki lima tidak menggunakan kawasan tersebut untuk berjualan.

Diketahui kawasan tersebut sering kali menjadi tempat PKL berjualan, padahal tepat di seberang jalan ada kawasan UMKM yang sudah disiapkan.

Tak hanya jadi tempat berjualan PKL, tempat tersebut juga disinyalir menjadi kawasan rawan kecelakaan lalu lintas, sebab tempatnya berada dekat dengan perempatan jalan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tabalong, Tazeriyanor menjelaskan pemasangan baliho larangan berdagang bagi PKL di pasang pada beberapa tempat, termasuk di kawasan olahraga di jalan Penghulu Rasyid.

“Di kawasan itu menjadi area larangan, karena memang bukan tempat untuk PKL. Selain itu, disana rawan kecelakaan dan rawan macet saat jam antar jemput sekolah,” jelasnya, Kamis (20/06/2024).

Baca Juga DPMD Tabalong Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes

Baca Juga DLH Tabalong Lakukan Bersih-Bersih Sungai Mangkusip

Tazeriyanor menyebut pemasangan ini didasari dari laporan warga dan kelurahan setempat, sehingga secara cepat dilakukan tindakan untuk penertiban PKL.

Pihaknya juga memberikan solusi kepada PKL yang masih berdagang di trotoar, khususnya di kawasan olahraga untuk pindah ke area yang sudah disediakan yakni di Pasar Barunak Tanjung yang menjadi pusat perdagangan UMKM.

Ia pun berharap PKL tertib dan taat akan aturan yang berlaku.

“Sehingga tidak perlu lagi ada peneguran berulang terhadap pedagang,” harapnya.

Disamping itu, selain di kawasan olahraga tersebut, imbauan serupa juga di pasang pada beberapa tempat di kawasan perkotaan.

Di antaranya di sekitar Tanjung Bersinar Park dan kawasan Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. (dilah/adv)