DLH Tabalong Lakukan Bersih-Bersih Sungai Mangkusip

DLH Tabalong ketika melakukan bersih-bersih sungai mangkusip

TANJUNG, Klikkalsel.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong menggelar bersih-bersih sungai Mangkusip Kecamatan Tanta, Senin (10/06/2024).

Pembersihan sungai dengan cara gotong royong ini turut diikuti puluhan warga dan aparat desa setempat.

Aksi menjaga lingkungan ini sebagai upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan sungai.

“Kami melakukan pembersihan sungai Mangkusip tepatnya berlokasi di Desa Luk Bayur RT 3, Kecamatan Tanta,” ungkap Camat Tanta, Ady Fajar.

Ady menerangkan aksi peduli lingkungan ini hanya difokuskan di satu lokasi saja di Luk Bayut RT 3 karena kondisi arus sungai yang tersumbat oleh sampah

Sampah yang dibersihkan mulai dari potongan bambu, semak belukar, plastik yang larut hingga menumpuk di satu titik dan mengganggu aliran sungai.

Baca Juga Percepatan Penurunan Stunting, DP3A2KB Kabupaten Tabalong Lakukan Koordinasi Bersama Tim TPPS

Baca Juga Pj Bupati Tabalong Minta Satpol PP dan Damkar Tertibkan PKL Disekutara Trotoar Jalan Protokol

“Untuk itu hari kita fokus satu titik karena sudah lama tumpukan ini sampai sangat dalam ke bawah,” jelasnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong dengan menyiapkan sejumlah truk pengangkut sampah.

“Kami menyiapkan truk-truk dari DLH untuk mengangkut sampah ini,” lanjut Ady.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rony Saputra mengharapkan kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat terkait pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

“Serta meningkatkan kedisiplinan untuk tidak membuang sampah di area sungai,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, pihak DLH Kabupaten Tabalong berhasil mengangkat sampah sebanyak 10 truk atau kurang lebih 10 ton sampah. (dilah/adv)