Sambut World Cleanup Day 2021, Pepelingasih HST Inisiasi Gerakan Desa Barasih

BARABAI, klikkalsel.com – Sejumlah pengurus Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Hulu Sungai Tengah (HST) inisiasi Gerakan Desa Barasih menyambut World Cleanup Day 2021.

Gerakan tersebut bertujuan untuk melakukan pemulihan Bumi Murakata, khususnya lokasi terparah penyintas banjir di Kecamatan Hantakan HST.

Windri Nathan Firdaus Ketua Pepelingasih HST, Sabtu (18/9/2021) di Barabai menuturkan, pihaknya menjalankan tersebut berkolaborasi dengan sejumlah mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin, demi melakukan pemulihan kembali terhadap Bumi Murakata yang beberapa waktu lalu diterjang banjir.

Menurutnya, gerakan tersebut merupakan salah satu kontribusi nyata sebagai upaya mitigasi bencana terhadap segala potensi bencana atas rusaknya lingkungan di Pegunungan Meratus imbas dari banjir besar silam.

“Dengan kegiatan itu Pepelingasih HST turut kembali menggaungkan gerakan penyelamatan Pegunungan Meratus melalui tagar #savemeratus yang selama ini diperjuangkan oleh masyarakat Bumi Murakata dari segala potensi kerusakan lingkungan,” ujarnya.

Sebelumnya juga, pihaknya telah melakukan koordinasi ke sejumlah instansi pemerintahan HST guna meminta dukungan terhadap inisiasi gerakan desa barasih.

Menurut Windri, secara umum Instansi pemerintah yang sudah ditemui, baik dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, (Disporapar), Dinas Lingkungan Hidup dan DPRD HST menyambut baik adanya Pepelingasih di HST dan gerakannya.

“Disporapar sangat mengapresiasi kami, bahkan mengutus kami mewakili HST dalam Seleksi Duta Pepelingasih Kalsel 2021 kemarin. Yang mana, perwakilan HST masuk 10 besar dari 26 peserta,” ungkap Windri.

Akan tetapi, karena akses cukup jauh dan operasional kegiatan yang lumayan, Pepelingasih berharap dukungan nyata penunjang segala kegiatan yang dilakukan demi kelancaran gerakan yang dijalankan tersebut, terlebih lagi ini membantu pemerintah daerah dalam melakukan gerakan pemulihan.

“Semoga ada dukungan lebih dari Pemerintah Daerah HST demi gerakan ini berjalan secara maksimal untuk membantu pemulihan lokasi penyintas banjir tersebut,” tutupnya. (dayat)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan