Indek Berita

Sambut HUT TNI Ke-75, Dema UIN Gait Babinsa dan Menwa Adakan Nonbar

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Memperingati HUT TNI ke-75, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN), menggelar acara Nobar (Nonton Bareng) Film Kemerdekaan Republik Indonesia

Dimana Film ini menceritakan tentang kiprah salah satu tokoh pahlawan nasional berjudul “Jenderal Soedirman” bertempat di salah satu Kedai Kopi yang terletak di Jalan Bumi Putra No.31-55, Pemurus Baru, Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (5/10/2020) malam.

Film berdurasi kurang lebih 100 menit ini, bercerita tentang seorang tokoh yang bernama Soedirman, seorang jenderal yang menderita penyakit paru-paru. Namun begitu gigih berjuang dan berperang gerilya melawan penjajahan Belanda yang terus mengejar.

Ketika Bung Karno dan Bung Hatta ditangkap dan diasingkan di Pulau Bangka, Jenderal Soedirman yang sedang mengalami sakit berat. Tetap melakukan perjalanan untuk memimpin perang gerilya selama tujuh bulan.

Dalam cerita tersebut, Belanda menyatakan Indonesia sudah tidak ada. Akan tetapi dari kedalaman hutan Jenderal Soedirman menyiarkan bahwa Republik Indonesia masih ada dan kokoh berdiri bersama Tentara Nasionalnya yang kuat.

Soedirman membuat Pulau Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas, sehingga belanda kehabisan logistik dan waktu. Oleh karena itu TNI dan rakyat lah akhirnya memenangkan perang.

Dengan ditandatangani Perjanjian Roem-Royen, Pemerintahan Belanda mengakui kedaulatan RI seutuhnya.

Dari kisah sosok Panglima Jenderal Soedirman yang ditayangkan di sebuah Kedai Kopi ini, Ketua Dema UIN Muhammad Syahri Usaini, bersama Babinsa Kelurahan Pemurus Baru
dan Resimen Mahasiswa satuan 602/Antasari berharap, agar pemuda pemudi yang telah menonton film tersebut dapat mengambil intisari, bahwa untuk meraih suatu tujuan membutuhkan tekad yang kuat dan kerja sama tim yang solid.

“Serta mengingat jasa jasa Jenderal Soedirman” ucap Ketua Dema UIN keada klikkalsel.com

Selain itu, Babinsa Kelurahan Pemurus Baru Serda Bernadus Jou , mengapresiasi kegiatan ini dan berharap, agar kaum milenial yang menonton bisa mengerti dan tidak lupa tentang sejarah perjuangan para pendahulu kita.

“Dapat menghargai Jasa para Pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Negara Indonesia,” pungkasnya. (airlangga)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top