Saksi dan Relawan Menginap Di Area Kantor Kecamatan, KPU Kalsel Sikapi Santai

Komisioner KPU Kalsel Hatmiati Mas'ud saat melayani Forum Lintas Relawan Prabowo Sandi Kalimantan Selatan di Kantor KPU Kalsel. (foto : david/dok.klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Atmosfer pesta demokrasi masih terasa, meski puncak pemilu 2019 yaitu hari pencobloasan telah berlalu. para saksi dan relawan peserta pemilu tak mau ketingggalan informasi tahapan rekapituasi di tingakat kecamatan. Bahkan ada yang nekat bermalam mengawal perhitungan suara.

KPU Kalsel tak mau ambil pusing atau merespon berlebihan terkait adanya para saksi dan relawan perserta pemilu yang bermalam di area kantor kecamatan, di tengah tahapan rekapitulasi surat suara. Salah satunya yang dilakukan saksi dan relawan 02 di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, pada Selasa (23/4/2019) dini hari.

“Saya meanggap itu positif saja, artinya mereka tak ingin melewatkam setiap detail dari proses rekap di kecamatan tersebut,” ucap Komisioner KPU Kalsel Hatmiati selaku Koordinator Bidang Teknis kepada Klikkalsel.com.

Hatmiati menambahkan hal tersebut adalah salah satu bukti keterbukaan KPU di setiap tahapan pemilu. Dia juga menampik kabar angin bahwa KPU telah berbuat tidak adil dalam penyelenggaraan pemilu.

“Artinya ini menolak kabar bahwa KPU ada kecurangan, penguranhan atau kelebihan angka dan sebagainya. Kemarin, ibu keliling setiap kecamatan. Ternyata proses rekap itu dikawal saksi, rewalan, panwas, komplit mereka hadir,” tuturnya.

Di samping itu, Hatmiati juga meminta masyatakat menunggu hasil perhitungan suara secara manual dan berjenjang dadi tingkat TPS hingga KPU RI. Terkait ada kesalahan input data dalam “Situng” di website KPU RI, menurutnya itu bukanlah jadi acuan final dalam perhitungan.

“Aplikasi situng itu hanya data kontrol saja, yang kita pakai itu secara berjenjang yaitu tetap rekap manual,” tegasnya. (rizqon)

Editor : Amran