Sosial

Rumah Reot Nenek Tina Warga Banyu Tajun Tabalong Mulai Dibongkar

TANJUNG, klikkalsel.com – Rumah Nenek Tina (60 thn), warga Desa Banyu Tajun RT 001, Kecamatan Tanjung, Tabalong mulai dibongkar dan diratakan dengan tanah. Nenek Tina akan dikeluarkan walau yang bersangkutan memilih bertahan.

“Hari ini akan dibongkar. Sementara nenek Tina akan dibuatkan tenda hingga rumahnya selesai dibangun para relawan. Beliau tidak mau diungsikan atau diinapkan ke lain tempat, makanya dibuatkan tenda,” ujar Koordinator Relawan, Ketua Komunitas Sayangi Sesama (KS2) Tabalong Erlina Effendi Ilas, Sabtu (10/10/2020).

Pembongkaran dan pembangunan kembali rumah nenek Tina akan dilakukan relawan gabungan, aparat desa dan warga setempat. Tidak hanya relawan, seperti Sedekah Seribu Tabalong pimpinan Ustadz Fahmi, Komunitas Berbagi Ceria, Koperasi Syariah Tabalong, Aliansi Mahasiswa Tabalong, Relawan Gabungan Muara Harus, Relawan Kada Baunduran, serta Giat Sedekah, tercatat juga ada bantuan perusahaan seperti PT Adaro Indonesia dan PT PAMA.

Menurut Erlina, pembangunan rumah nenek Tina akan selesai cepat, karena sumbangsih warga Tabalong dan donasi dari organisasi relawan. Ada yang bantu uang cash, ada yang bantu bayar tukang, ada yang bantu waktu dan tenaga, ada yang bantu bahan bangunan dan lainnya.

Diketahui sebelumnya, nenek Tina tinggal dengan anak laki-lakinya yang tidak punya pekerjaan tetap. Di rumah gubuk nenek Tina tidak ada listrik. Padahal tinggal di tengah-tengah masyarakat yang terjangkau listrik.

Malam-malamnya hanya menggunakan lampu minyak. Pemandangan sangat kontras di Kecamatan Tanjung yang sangat dekat dengan pusat kota, padahal energi listrik saat ini sedang berlimpah.

Tinggal di Kecamatan Tanjung dan tinggal di wilayah ring 1 perusahaan tambang yang di kota ini juga punyai perusahaan pembangkit listrik, bukan menjamin gubuk nenek Tina Bermandi cahaya. Padahal tak salah punyai listrik walau rumah nenek pun sudah mau roboh.

“Bersama kita bisa bantu sesama, mewujudkan impian beliau memiliki rumah layak dengan penerangan yang cukup. Kalau hari ini selesai dibongkar, Minggu langsung dibangun,” jelas Erlina.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top