Banjarmasin

Roy Akhirnya Resmi Menjabat Sekda Prov Kalsel Setelah Setengah Tahun Jabat Plh dan Pj

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA resmi melantik Roy Rizali sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda Prov Kalsel) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (3/5/2021). Sebelum dilantik, Roy sempat merangkap jabatan sebagai Kepala Dinas PUPR dan Pj Sekda Prov Kalsel selepas Abdul Harris Makkie pensiun dini.

Pelantikan Roy Rizali Anwar ini mengacu surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 123/2307/OTDA perihal Penyampaian Petikan dan Salinan Keputusan Presiden No 48/TPA Tahun 2021. Sebelum pelantikan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara virtual menyampaikan arahan secara umum terkait tanggungjawab sekretaris daerah, termasuk penanganan Covid-19 di Kalsel.

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengatakan jabatan yang sekarang diemban Roy adalah birokrasi tertinggi di daerah. Sebab itu, Mantan Kepala Dinas PUPR berusia muda tersebut dituntut bekerja inovatif dan efektif serta efisien guna percepatan pembangunan daerah meski masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Prioritas kita masih sama. Seperti yang saya katakan penanganan pandemi, vaksin, bencana ekonomi. Selaku pemimpin tertinggi administrasi, beliau akan jadi koordinator, akan jadi motivator juga bagi SKPD-SKPD,” tuturnya.

Posisi sekda sendiri bagi Roy bukan jabatan yang asing. Pasalnya sebelum dilantik, ia telah menapaki posisi tersebut sebagai Pelaksana Harian (Plh) dan Penjabat (Pj) Sekda Prov Kalsel selama 6 bulan sejak Oktober 2020 lalu atau selepas Abdul Harris Makkie pensiun dini mencalon sebagai calon Walikota Banjarmasin.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin. Mohon dukungan semua pihak termasuk media, kita dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu dengan dilantiknya Roy sebagai Sekda Prov Kalsel otomatis jabatan Kepala Dinas PUPR saat ini kosong. Roy mengatakan posisi tersebut akan segera diisi guna memperlancar program pembangunan.

“Saat ini kursi Kadis PUPR yang kosong sedang didiskusikan, setelah ini selesai segera diupayakan 1-2 hari ini akam segera terisi,” pungkasnya.(rizqon).

Editor : Amran

To Top