Reses Dewan Satu Dapil Dilaksanakan Bersama

BANJARMASIN, klikkalsel– Pola reses DPRD Banjarmasin dikembalikan seperti dulu. Jadi, kegiatan menyerap aspirasi masyarakat itu dilaksanakan secara bersama-sama anggota dewan satu daerah pemilihan (dapil), tidak lagi menjadi agenda masing-masing anggota dewan.

Anggota DPRD Banjarmasin Aliansyah. (farid/klikkalsel)

Lokasi reses disesuaikan dengan masing-masing dapil anggota dewan. Untuk anggota DPRD Banjarmasin terbagi lima dapil, yaitu Banjarmasin Barat, Utara, Timur, Selatan, dan Tengah.

Peserta reses melibatkan tokoh masyarakat, pihak kecamatan, dan kelurahan, termasuk perwakilan warga yang menerima undangan dari masing-masing anggota dewan.

Anggota Komisi I DPRD Banjarmasin Aliansyah mengatakan, tahun ini reses bersama itu dilaksanakan serentak tiga hari berturut-turut, mulai Minggu 29 Oktober 2017, hingga Selasa 31 Oktober 2017.

“Kebetulan dari dapil kecamatan Banjarmasin, jadi saya dapat reses di Kantor Kecamatan setempat,” kata Manager Paseban Banjarmasin ini, di kantor dewan Banjarmasin, Senin (23/10/2017).

Bagi dia, keuntungan reses secara bersama itu, anggota dewan tidak perlu lagi direpotkan dengan penyiapan tempat, peserta, dan kelengkapan lainnya. Sebab, persiapan reses diambil alih sekretariat.

“Dengan reses bersama dewan tinggal datang ke tempat reses, dewan cukup menyiapkan puluhan atau belasan peserta reses. Tidak seperti reses perorangan yang menyiapkan 100 peserta,” jelasnya.

Soal anggaran, legislator fraksi PKS ini, enggan berkomentar. Karena menjadi tanggung jawab dan kewenangan sekretariat DPRD Banjarmasin. “Yang jelas sesuai dengan PP 18/2017 tentang tunjangan dan fasilitas dewan, ada tunjangan yang diterima dewan mengikuti reses itu,” ungkapnya.

Ia juga menyangkal masa reses itu dijadikan alat mencari simpati warga, untuk kepentingan Pemilu Legislatif (Pileg) 2018. Reses menjadi agenda rutin yang dilaksanakan 2-3 kali setahun. (*)

Penulis : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.