Organisasi

Repala Sawata Bangkit Kembali, Siap Jaring Kader Terbaik

Remaja Pecinta Alam Sarabakawa

TANJUNG, klikkalsel.com – Remaja Pecinta Alam Sarabakawa Tabalong (Repala Sawata) sempat vakum selama 13 tahun, kini mencoba bangkit kembali.

Komunitas yang bergerak di bidang petualangan dan konservasi alam ini kembali melakukan perekrutan calon anggota guna menjalankan kembali roda organisasi yang vakum sejak 2006 lalu.

Ketua Repala Sawata, M Arsyad mengatakan, perekrutan anggota ini dilakukan pada, 3 hingga 15 November 2020.

Meski tergolong baru aktif kembali dan harus bersaing dengan komintas serupa yang baru bermunculan, namun menurut pria akrab disapa Arsyad ini antusias pendaftar cukup banyak, khususnya pendaftar anak muda.

“Hingga hari ini sudah ada delapan orang pendaftar, semoga nanti sebelum pendaftaran ditutup semakin bertambah,” ungkapnya kepada klikkalsel.com, Sabtu (7/11/2020).

Perekrutan calon anggota ini merupakan angkatan yang ke tiga belas sejak Repala Sawata didirikan pada, 18 agustus 1998 silam.

“Dari awal berdiri berdiri kita sudah memiliki dua belas angkatan dan angkatan ke dua belas terakhir kita diklat 2006 lalu,” ujar Arsyad.

Para calon anggota nantinya akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklalsar) Angkatan ke XIII untuk ditempa fisik dan mentalnya sebelum resmi menjadi anggota Repala Sawata.

Namun sebelum dibawa ke lokasi Diklatsar, calon anggota terlebih dahulu akan dibekali dengan sejumlah materi yang berhubungan dengan petualangan dan konservasi alam.

“Ada beberapa materi yang akan diberikan kepada calon anggota, mulai dari manajemen petualangan, lingkungan hidup, panjat tebing, arung jeram, telusur goa dan lain-lainnya,” jelas Arsyad.

Arsyad berharap, dengan dilakukannya perekrutan calon angggota ini, tidak hanya membangkitkan kembali Repala Sawata yang sudah lama vakum, namun juga semakin menambah bibit-bibit generasi muda yang mampu melestarikan alam melalui kegiatan berpetualang.

“Kalau bukan kita siapa lagi. Karena anak muda adalah agen perubahan. Cintailah alam maka alam akan menjagamu, sebaliknya kalau kita merusak alam, maka bencana yang akan kita dapat,” pungkas Arsyad.(arif)

Editor : Amran

Bagi yang berminat mendaftar menjadi anggota Repala Sawata dapat menghubungi kontak di bawah ini :

– M Arsyad : 082256117794
– Boy : 082255890744

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top