Rencana Museum Sejarah Kota Belum Masuk Renstra

H Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Rencana Pemkot Banjarmasin membangun museum sejarah ternyata belum masuk rencana strategis (renstra) tahun ini.


Walaupun begitu, komitmen memiliki museum itu terus berjalan. Saat ini, pihak terkait masih mendata ulang aset dan dokumen sejarah Banjarmasin.

H Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin (foto : fachrul/klikkalsel)

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, masih menginventarisir situs bersejarah Banjarmasin. “Apakah peninggalan sejarah terkait Banjarmasin masih ada. Ini yang masih dilakukan penelusuran dan pendataan,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).

Itu mengingat dokumen digital di luar sangat banyak tentang Banjarmasin. Seperti di Arsip Nasional dan Museum Nasional bahkan di Belanda. “Sangat banyak dokumen tentang sejarah kota Banjarmasin,” tutur Ibnu. Ia memastikan, segera menghimpun semua data tentang sejarah kota Banjarmasin. Baik yang berada di dalam Banjarmasin maupun yang luar.

Mendukung terwujudnya itu, sudah ada beberapa lembaga masyarakat dan komunitas yang saat ini bergerak untuk menghimpun data tentang sejarah kota Banjarmasin.

Ia berharap, di tahun ketiga kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah museum sejarah itu terwujud untuk mendukung destinasi wisata Banjarmasin, sebagai kota sungai. (fachrul)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.