Banjarmasin

Ratusan Personel Polda Kalsel Disiapkan Kawal Debat Final Pilgub Kalsel 2020

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Ratusan Personel Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel), akan melakukan pengamanan ketat pada debat final Pilgub Kalsel yang diselenggarakan KPU Kalsel besok malam, Sabtu (28/11/2020).

Kabag Binops Roops Polda Kalsel, AKBP Asep S W, mengatakan seperti pada debat publik sebelumnya, baik pertama dan kedua serta debat walikota maupun bupati, Polda Kalsel selalu melakukan pengamanan untuk menjaga kelancaran acara tersebut.

“Dikarenakan nanti besok diselenggarakannya debat final calon Gubernur dan wakil Gubernur kalsel yang biasanya ada 100 personel, ada kemungkinan kita akan menambah dari pengamanan sebelumnya,” kata AKBP Asep S W kepada Klikkalsel.com usai menghadiri Koordinasi bersama KPU Kalsel di salah satu hotel di Jalan A Yani.

Hal itu guna mengantisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, menurut Kabag Binops Roops Polda Kalsel ini, debat final ini pasti sangat seru dan para pendukung masing- masing calon pasti akan bermunculan.

“Karena ini debat final, Pasti seru, ramai dengan antusias masyarakat pendukung para pasangan calon. Maka ada ratusan personel. Kami tempati di titik-titik seperti parkir, pintu masuk ruang debat. Juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, jumlah pendukung para pasangan calon pun dibatasi. Ruang debat hanya maksimal diisi kurang lebih 50 orang. Pemeriksaan ketat dilakukan, yang boleh masuk hanya yang memiliki id card. “KTP juga di cek,” tambahnya.

Terlebih polisi sudah membuat kesepakatan dengan masing-masing tim pendukung paslon. “Kesepakatan dengan LO. Besok kendaraan calon nanti dibatasi dan dikasih tanda,” jelasnya.

Disamping itu, selain di lokasi debat yang akan berlangsung di salah satu stasiun televisi Nasional. Ia mengatakan, bahwa pihaknya juga akan melakukan pengamanan dilakukan di beberapa titik Nonton bareng (Nobar) yang digelar oleh masing masing pasangan calon.

“Selain di lokasi debat, kita juga mengantisipasi melakukan pengaman di beberapa titik nobar yang diselenggarakan para relawan pasangan calon dan kita sudah berkoordinasi, yang mana itu termasuk bagian pengamanan kita juga,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk sementara ini sudah terdata masing masing 4 titik nobar setiap relawan pendukung baik Paslon nomor urut 01 Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMU) atau Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D) yang akan kembali adu argumen di debat terakhir Pilgub Kalsel 2020.

“Itu untuk sementara data nobar di kota, selain itu kita juga akan melakukan pendataan untuk di kabupaten,” jelasnya.

Oleh karena itu, ratusan personel ini akan ditempatkan di titik-titik yang sudah ditentukan untuk pengamanan dan mengawal kelancaran debat perdana Pilgub Kalsel 2020.

Juga selain itu, polisi akan berpatroli, memantau pokso masing-masing paslon. Guna memastikan debat berjalan aman dan lancar. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Di tempat posko akan ada patroli. Harapan kami pertama berjalan kelancaran. Mematuhi protokol kesehatan, dan saling menjaga untuk kelancaran debat kali ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui debat publik final Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel nomor urut 1 Sahbirin Noor-Muhidin dan Paslon nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi Darjat akan disiarkan langsung melalui saluran stasiun TVRI Kalsel dan akun Youtube resmi KPU Kalsel, mulai pukul 20.00 Wita.(airlangga)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top