Jumat, Januari 21, 2022

Rangkaian BSF ke 5, Banjarbaru Sabet Juara Pertama di Fashion Sasirangan Carnaval

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin, ke 495, Pemko Banjarmasin menggelar Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5. Dimana dalam rangkaian kegiatan BSF ke 5 digelar Fashion Sasirangan Carnaval di Outdoor Hotel Mercure Banjarmasin.

Kegiatan Fashion Sasirangan Carnaval sebelumnya digelar di jalan, yang biasanya di mulai dari depan Balaikota Banjarmasin hingga ke Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Namun dikarenakan saat ini Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia secara global, dan di Banjarmasin sendiri ditetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, maka Pemko Banjarmasin menggelar Carnaval secara sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan Fashion Sasirangan Carnaval di ruang terbuka Hotel Mercure Banjarmasin, ini dibuka secara langsung Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Sugito Said.

Sebanyak 25 orang peserta dari berbagai Kabupaten Kota di Kalsel mengikuti Fashion Sasirangan Carnaval di BSF ke 5 ini. Berbagai macam tema ditampilkan setiap peserta untuk memikat perhatian para pengunjung dan dewan juri.

Dari total 25 peserta tersebut, dewan juri memutuskan sebanyak enam orang jadi pemenang, yakni Harapan 3, Harapan 2 dan Harapan 1. Kemudian Juara 3, Juara 2 serta Juara. Masing masing juara akan mendapatkan, trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Baca Juga : Opening Ceremony BSF ke 5, Ibnu Sina Tekankan Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Pengrajin

Untuk juara harapan 3 diperoleh peserta dengan nomor urut 08, dengan total 880 poin. Kemudian untuk juara harapan 2 diraih peserta nomor urut 24, dengan perolehan 895 poin. Sedangkan juara harapan 1 dengan perolehan 897 poin di terima peserta nomor urut 22.

Juara 2 Fashion Sasirangan Carnaval, BSF ke 5 Tahun 2021

Sementara untuk Juara 3 dengan total poin 939, diterima peserta nomor 16 asal Barito Kuala (Batola), yang mengangkat tema Acil Tanggui, dan berhak atas uang tunai sebesar Rp 3 juta.

Kemudian peserta berasal dari Tabalong yang membawakan tema Diang Langsat berhasil mendapatkan 953 poin, dan berhak atas peringkat kedua serta. uang tunai sebesar Rp 4 juta.

Sedangkan untuk juara pertama berhasil mendapatkan 956 poin, hanya selisih 3 poin dengan juara kedua, yakni peserta nomor urut 15 asal Kota Banjarbaru yang membawakan tema Carnaval Kampung Sasirangan. Atas keberhasilannya, ia berhak membawa pulang uang tunai Rp 5 juta.

Usai pelaksanaan Fashion Sasirangan Carnaval, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengaku, sangat senang BSF bisa kembali di laksanakan, terlebih Carnaval sasirangan yang biasanya setiap pelaksanaan BSF selalu di gelar.

Karena menurutnya dengan pelaksanaan Carnaval ini, kreatifitas dari berbagai pelaku seni bisa ditampilkan di kegiatan ini.

“Pesertanya tidak hanya dari Banjarmasin, tetapi hampir seluruh Kalsel. Secara khusus, saya merasa bangga dengan penampilan dari sejumlah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Banjarmasin,” tuturnya, Sabtu (9/10/2021).

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa kembali digelar untuk meningkatkan kreatifitas para seniman agar bisa ditampilkan.

“Mudah-mudahan di waktu yang akan datang semakin sukses semuanya,” pungkasnya. (fachrul)

Editor: Abadi

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
28,880PengikutMengikuti
630PelangganBerlangganan