Banjarmasin

Puteri Kampus Indonesia 2021, Bersama Duta Kampus se Kalsel Kunjungi Rumah Kreativitas Pelangi Sasirangan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Runner Up 1 Puteri Kampus Indonesia 2021, Raudatul Jannah bersama duta kampus se Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menyambangi komunitas Rumah Kreativitas Pelangi Sasirangan yang berada di Banjarmasin.

Raudatul Jannah yang juga Direktur Regional Putera Puteri Kampus Kalsel mengatakan, Komunitas Pelangi sasirangan dipimpin oleh Mariatul dan anggotanya sendiri merupakan ibu-ibu rumah tangga sampai yang menjadi kepala rumah tangga.

“Rumah kreatifitas pelangi sasirangan bertempat di Jl. Harmoni II Rt.26 No.42 A, Pekapuran Raya, Tembus Lingkar Selatan Banjarmasin,” kata Raudatul sapaan akrabnya, Selasa (22/6/2021).

Ia mengungkapkan, maksud dan tujuannya berdatang ke komunitas tersebut, ialah ingin belajar bagaimana cara membuat sasirangan.

“Dimulai dari memotif, menjelujur, mewarnai, hingga menjadi barang serbaguna,” jelasnya.

Menurutnya, sasirangan merupakan kain batik yang berasal dari Kalsel, untuk pemberian warna ada secara alami dan ada yang menggunakan zat kimia. akan tetapi setiap hal yang ada didalam sasirangan itu memiliki arti tersendiri.

Ia menilai, komunitas pelangi sasirangan bukan hanya menyediakan atau memproduksi kain sasirangan, akan tetapi berbagai ekonomi kreatif yang mereka buat.

“Seperti sandal terbuat dari eceng gondok, kerajinan tangan berbentuk kapal yang terbuat dari daun pisang, lampion, gantungan kunci, berbagai macam bentuk kerajinan purun,” tuturnya.

Selain itu, yang unik dari komunitas ini, juga mewadahi keberagaman agama yang memiliki visi yang sama dengan keyakinan yang berbeda.

Sebagai wadah bersama yang diinisiasi oleh lembaga keislaman, akan tetapi walaupun lembaga ini diinisiasi oleh lembaga keislaman tersebut di dalam anggota yang bergabung ke dalam komunitas tersebut beragam agama.

“Banyak sekali ilmu yang saya dapat bersama teman-teman setelah berkunjung ke komunitas pelangi sasirangan, selain pendidikan budaya ekonomi kreatif Kalimantan Selatan yang didapat, akan tetapi juga ilmu toleransi bersama agama lainnya,” ungkapnya.

Dari kunjungan kali ini, Raudatul berharap teman-teman serta penerus bangsa lainya dapat mencontoh ibu-ibu yang sangat luar biasa dari pemikiran kreatifnya.

“Tentunya untuk mengembangkan, melestarikan, dan mengenalkan budaya Kalsel,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top