Advertorial

Puskesmas Rawat Inap Batumandi Mulai Dioperasikan

PARINGIN, klikkasel.com – Sejak Kamis (25/3/2021) Puskesmas Rawat Inap Batumandi mulai dioperasionalkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Pada hari pertama pelayanan belasan warga pun berdatangan ke Puskesmas, begitu pula per Jumat (26/3/2021).

Terlebih, Puskesmas Batumandi yang lama sudah tidak beroperasional.

Meski sudah difungsikan, namun Puskesmas tersebut hanya melakukan pelayanan rawat jalan dan masih belum rawat inap, karena belum mendapat izin pelayanan rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menyampaikan, saat ini masih dalam proses meminta perizinan untuk pelayanan rawat inap di Puskesmas tersebut. Izinnya pun dari pemerintah pusat dan diusahakan keluar pada tahun ini.

“Bangunan Puskesmas memang masih belum selesai 100 persen. Pada lantai dua terlihat sedang dalam tahap penyelesaian. Sehingga yang dapat difungsikan baru lantai satu,”
sebut Erwan, Senin (29/3/2021), saat ditemui dikantornya

Lebih lanjut, relokasi memang direncanakan cepat dilakukan. Karena lokasi Puskesmas sebelumnya sudah tidak memungkinkan. Lantas, meski bangunan belum rampung, pelayanan kesehatan tetap dipindahkan ke Puskesmas Rawat Inap Batumandi yang baru.

Sementara Puskesmas lama, jelasnya, masih dikoordinasikan untuk pemanfaatan kedepannya.

Sementara ini, pelayanan di Puskesmas lama masih akan dilakukan pada hari-hari tertentu mengingat penyesuaian bagi masyarakat.

Adapun dana pembangunan untuk Puskesmas tersebut diketahui mencapai Rp 4 Miliar. Sumber dana yakni dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan oleh pemerintah pusat. (fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top