Organisasi

Puluhan Pembina Pramuka di Tabalong Ikuti Kursus Mahir Dasar dan Lanjutan

TANJUNG, klikkalsel.com – Sebanyak 80 pembina Pramuka di Kabupaten Tabalong mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

Kegiatan diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Pusdiklat) Kwarcab Tabalong di SMP Negeri 2 Murung Pudak yang dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kwarcab Tabalong, Yuhani, Selasa (27/10/2020).

Dalam kegiatan ini puluhan pembina pramuka diberikan berbagai macam materi kepramukaan serta mengikuti praktek lapangan selama empat hari dari 27 hingga 31 Oktober 2020.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Khusnul Anwar mengatakan, selama empat hari tersebut, para peserta akan menerima sebanyak 70 jam pelajaran tentang kepramukaan.

“Materi bersifat teori pengetahuan dan nanti akan lebih banyak ke praktek di lapangan. Karena dengan kita lebih memperkuat praktek di lapangan pembelajaran ataupun materi khusus itu akan lebih bermakna bagi para pembina pramuka,” ujarnya.

Sementara, tujuan dari kegiatan ini, Khusnul menyampaikan adalah guna memberikan pedoman bagi kwartir dan satuan gerakan pramuka dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pembina pramuka agar dapat melaksanakan perannya di lingkungan gerakan pramuka.

“Output yang diharapkan pasca kegiatan KMD dan KML ini adalah terciptanya dan terbentuknya karakter-karakter pembina pramuka yang tangguh, yang terampil tentang pengetahuan kepramukaan sehingga bekal itu yang akan dikembangkan oleh masing-masing pembina di pangkalan gugus depan,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Harian Kwarcab Tabalong Yuhani saat membuka secara resmi kegiatan, mengatakan, sebagaimana dketahui bersama kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) bagi Pembina Pramuka di Tabalong tak lain untuk mewujudkan pramuka yang unggul serta bisa mengahadapi perkembangan zaman.

Dimana semua anggota pramuka harus mempersiapkan diri sebaik baiknya untuk menghadapi kemajuan zaman.

“Tentunya dengan banyak banyak menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan serta disarankan untuk lebih menumbuh kembangkan kreatifitas demi menghadapi persaingan kehidupan modern yang semakin kompleks, juga harus memiliki tekad kuat yang sungguh sungguh untuk mencapai kesuksesan,” ungkapnya.

Menurut Yuhani, diadakannya KMD dan KML ini maka ilmu dan pengetahuan bisa bertambah, sehingga menjadi pembina pramuka yang berkompeten, ikhlas serta kreatif.

Para peserta yang ikut kursus juga merupakan orang-orang pilihan sehingga akan mencetak anggota pramuka yang akan menjadi pemimpin di semua sektor kehidupan.

“Saya juga mengajak seluruh peserta untuk apa yang nantinya di peroleh selama mengikuti kegiatan dapat diterapkan di kehidupan sehari hari. Khususnya bagi seluruh anggota pramuka di Tabalong,” ungkapnya.

Yuhani juga berharap, agar motivasi serta harapan-harapan disampaikan nantinya bisa benar-benar diterapkan.

“Dan seluruh peserta yang mengikuti KMD dan KML bisa menjadi  generasi-generasi yang profesional dan bertanggungjawab,” pungkasnya. (arif)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top